Pengembangan Instrumn Karakter Cinta Damai Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Lailiya Rahmah Ramadhanti

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6084

Keywords:

karakter cinta damai, pengembangan instrumen, anak usia dini

Abstract

Karakter cinta damai memiliki peranan yang cukup penting, membentuk kepribadian yang sangat baik untuk seorang anak dengan menciptakan lingkungan yang damai dan tentram. Penelitian ini memiliki tujuan mengembangkan instrumen penilaian sikap pada anak usia dini dengan validitas dan reliabilitas serta dinyatakan baik. Instrumen karakter cinta damai pada anak yang dikembangkan memakai metode research and development (R&D) model pengembangan yang telah dimodifikasi dari Borg & Gall. Berdasarkan hasil dari analisis validitas dan reliabilitas telah dinyatakan valid dan reliabel. Responden 102 orang terdiri dari guru dan orang tua yang memiliki anak rentang usia 5 sampai 6 tahun. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil perolehan nilai uji reliabilitasnya dengan menggunakan Alpha Cronbah sebesar 0,896 yang dinyatakan dalam kategori reliabel. Disimpulkan instrumen ini menunjukkan hasil validitas dan relibialitas yang tinggi pada instrumen karakter cinta damai bagi anak usia dini.

 

References

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal (CEJ), 2(1), 34–47.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Babuta, Yoddie Y, I., & Wahyurini, D. (2014). Perancangan Buku Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai. Jurnal, 3(1), 1–5.

Bose, P. (2020). Peace Culture Through Peace Education. v.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Calp, Ş. (2020). Peaceful and happy schools: How to build positive learning environments. International Electronic Journal of Elementary Education, 12(4), 311–320. https://doi.org/10.26822/iejee.2020459460

Dr.Yuberti, M. P. (2020). “Penelitian dan Pengembangan” Yang Belum Diminati dan Perspektifnya. 1–15.

Edwin, M., & Pramana, A. (2021). Di Jenjang Sekolah Dasar. 9, 764–774.

Furqon, H. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 12.

Ismail, A. (2018). Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.

Izzati, U. A., Bachri, B. S., Sahid, M., & Indriani, D. E. (2019). Character education: Gender differences in moral knowing, moral feeling, and moral action in elementary schools in Indonesia. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 547–556. https://doi.org/10.17478/jegys.597765

Kementrian Pendidikan Nasional. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika di SD. Kementrian Pendidikan Nasional. file:///C:/Users/Fitri/Downloads/17.PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER....pdf

Lickona, T., & Wamaungo, J. A. (2012). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan bertanggungjawab. Bumi Aksara.

Lombardo, L. X., & Polonko, K. A. (2015). Peace education and childhood. Journal of Peace Education, 12(2), 182–203. https://doi.org/10.1080/17400201.2015.1046424

Marques, E. S., de Moraes, C. L., Hasselmann, M. H., Deslandes, S. F., & Reichenheim, M. E. (2020). Violence against women, children, and adolescents during the COVID-19 pandemic: Overview, contributing factors, and mitigating measures. Cadernos de Saude Publica, 36(4). https://doi.org/10.1590/0102-311X00074420

Mustoip, S., Muhammad, J., & Zulela. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. In Jakad Publishing (Vol. 6). Jakad Publishing.

Ni’matuzahroh. (2012). Analisis Permalsahan Penerapakan Pendidikan Karakter Anak Prasekolah ( Studi di TK Al Ghoniyyah Malang ). Seminar Nasional Psikologi Islami, 1978, 183–189.

Purba, A. R., Herlina, H., & Siahaan, J. (2020). Limbaga (Proverbs) Simalungun as a Source of Forming Character Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(3), 1623–1629. https://doi.org/10.33258/birle.v3i3.1459

Rizki Halim, A. dkk. (2019). Upaya Guru dalam Menerapkan Karakter Cinta Damai pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Banda Aceh.

Rizki Halim, A., Mislinaati, & Awaludin. (2019). Upaya Guru Dalam Menerapkan Karakter CInta Damai pada Siswa.

Sa’adah, R. N., & Wahyu, W. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Literasi Nusantara, 1.

Saputra, N. E., Ekawati, Y. N., & Islamiah, R. (2020). Skala Karakter Religius Siswa SMA Implementasi Nilai Utama Karakter Kemendikbud. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 57–76. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14782

Sarasvathy, S. (2013). Research instruments. Effectuation, 16(December). https://doi.org/10.4337/9781848440197.00027

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 9(1), 1118–1124.

Subawa, P., & Trisna Mahartini, K. (2020). Konsentris Paradigma Pendidikan Karakter Thomas Lickona Pada Sekolah. Akrab Juara, 1(2), 43–54. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919

Waldi, A., Luthfi, Z. F., & Reinita, R. (2019). Pembiasaan Peserta Didik dalam Mewujudkan Pendidikan Damai (Peace Education) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 38–45. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i2.3835

Wardani, I. S., Formen, A., & Mulawarman, M. (2020). Perbandingan Konsepsi Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara dalam Nilai Karakter Pada Ranah Pendidikan Anak Usia Dini Serta Relevansinya di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS, 3(1), 459–470.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi (B. Nuraeno & Si. Fatimah (eds.)). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_qVADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA157&dq=Yaumi,+Muhammad.+2016.+Pendidikan+Karakter+Landasan,+Pilar+Dan+Implementasi.+Jakarta:+Prenamedia+Group&ots=1S469PMNca&sig=EFcLEzVq6Ig8zYQX9rl6bsl4pbU&redir_esc=y#v=onepage&q&f=f

Zubaedi;, & Kartikowati, E. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207

Published

2022-11-18