Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Authors

  • Nabila Adinda Permatasari
  • Khusniyati Masykuroh

Keywords:

Anak Usia Dini, Karakter, Komunikasi, Orang tua.

Abstract

Peran orangtua dalam pendidikan karakter sangat penting supaya anak mempunyai perilaku baik dimanapun dia berada. Melalui komunikasi orangtua dapat memberikan penjelasan mengenai tindakan baik dan buruk serta menyediakan ruang bagi anak untuk berargumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakam dalam penelitian ini adalah kuantitaif, dengan variabel X (komunikasi orang tua) dan variabel Y (pendidikan karakter). Data penelitian dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 36 orangtua murid di TK Ash-Sholihah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh komunikasi orangtua (X) terhadap pendidikan karakter anak usia dini (Y), terlihat dari angka F hitung sebesar 10.857 dengan tingkat signifikansi 0.003 lebih besar dari 0.05.  Variabel X berkontribusi mempengaruhi variabel Y sebesar 31.1%. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan meneliti faktor-faktor selain komunikasi orangtua sebagai pengaruh dalam pendidikan karakter anak.

References

Aprianti, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dalam Kegiatan Mengajar Antara Guru Dan Murid Paud Pada Proses Pembentukan Karakter. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 1–9.

ary kristiyani. (2014). The implementation of character education in language teaching and learning in pg-tpa alam uswatun khasanah sleman yogyakarta. 3, 252–263.

Baharuddin, B. (2019). Pengaruh Komunikasi Orangtua Terhadap Perilaku Anak Pada MIN I Lamno Desa Pante Keutapang Aceh Jaya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah Media Kajian Pengembangan Islam, 5(1), 105. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v5i1.4207

Boari, G., & Ruscone, M. N. (2015). A Procedure Simulating Likert Scale Item Respons. Electronic Journal of Applied Statistical Analysis, 8(3), 288–297.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.

Hikmah, D., & Padang, K. (2021). Pengaruh komunikasi non-verbal orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di tk darul hikmah kota padang. 7, 226–235.

Islami, D. I. (2018). Pengaruh Komunikasi Produktif Orangtua Terhadap Perkembangan Emosi Anak. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2), 238–245.

Jang, J. Y., & Kim, Y. C. (2012). The effects of parent-child communication patterns on children’s interactive communication in online communities: Focusing on social self-efficacy and unwillingness to communicate as mediating factors. Asian Journal of Communication, 22(5), 493–505. https://doi.org/10.1080/01292986.2012.701314

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Rakhmatin, T., & Amilia, D. (2018). Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Autis Dalam Membentuk Kemandirian Anak. Jurnal Common, 2(2). https://doi.org/10.34010/common.v2i2.1191

Rincap, M. F., Kawengian, D. D. V., & Boham, A. (2017). Pentingnya Komunikasi Orangtua Pada Anak Dalam Menggunakan Bahasa Tontemboan Di Desa Kanonang 1 Kecamatan Kawangkoan Barat. Acta Diurna, 6(2), 225–233.

Rukiyah. (2012). Pengaruh Komunikasi Dalam Pengasuhan Terhadap Karakter Anak. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Tahun, 247–251.

Setiawan, J. A., Suparno, Sahabuddin, C., Tasrif, & Ramadhan, S. (2020). The role of parents on the character education of kindergarten children aged 5-6 years in bima. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 779–784. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080307

Sugiyono. (2017). Variabel Bebas , Variabel terikat. “Metode Penelitian Pada Dasarnya Merupakan Cara Ilmiah Untuk Mendapatkan Data Dengan Tujuan Dan Kegunaan Tertentu.” Dalam, 1(2), 47–71.

Tabak, I., Mazur, J., del Carmen Granado Alcón, M., Örkenyi, Á., Zaborskis, A., Aasvee, K., & Moreno, C. (2012). Examining Trends in Parent-Child Communication in Europe Over 12 Years. Journal of Early Adolescence, 32(1), 26–54. https://doi.org/10.1177/0272431611419509

Thomas, A., Dawson, B., & Goodman, C. (2006). The yo-yo test: Reluability and Association with a 20-m Shuttle Run and VO2max. International Journal of Sports Phyiology and Performance, 1(2), 137–149.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah, 7(1), 17–23.

Zhang, Y. (2020). Quality Matters More Than Quantity: Parent–Child Communication and Adolescents’ Academic Performance. Frontiers in Psychology, 11(June), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01203

Published

2022-12-31