PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND ROLE PLAY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI
Keywords:
outbound, role-play, prososial, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan outbound role play terhadap perilaku sosial anak usia dini. Penelitian didasari atas pentingnya aspek perkembangan sosial emosional anak khususnya perilaku prososial. Penelitian menggunakan metode eksperimen quasi eksperimental design dengan menggunakan model nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B3 TK Telkom Kota Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada proses penelitian ini ialah dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga analisis nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kegiatan outbound role play dapat meningkatkan perilaku prososial anak, setelah dilakukan kegiatan outbound role play perilaku prososial anak mengalami perkembangan serta peningkatan pada setiap pertemuan dapat dilihat bahwa anak mampu membangun komunikasi, anak mampu mengembangkan interaksi sosial serta anak mampu bekerjasama.
References
Abeditehrani, H., Dijk, C., Neyshabouri, M. D., & Arntz, A. (2021). Beneficial Effects Of Role Reversal In Comparison To Role-Playing On Negative Cognitions About Other’s Judgments For Sosial Anxiety Disorder. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 70(July 2020), 101599. https://doi.org/10.1016/j.jbtep.2020.101599
Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10745
Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746
Bachtiar, M. Y. (2021). Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 914–923.
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92. https://doi.org/10.32533/01103.2017
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.
Dewi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 5(01), 55-62.
Dewi, F. K., Syamsudin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Efektivitas Nature-Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 7(2), 161. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36384
Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jpp PAUD FKIP Untirta, 7(2), 123–132. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index
Flook, L., Goldberg, S. B., Pinger, L., & Davidson, R. J. (2015). Promoting Prososial Behavior And Self-Regulatory Skills In Preschool Children Through A Mindfulness-Based Kindness Curriculum. Developmental Psychology, 51(1), 44–51. https://doi.org/10.1037/a0038256
Jagt-van Kampen, C. T., Colenbrander, D. A., Bosman, D. K., Grootenhuis, M. A., Kars, M. C., & Schouten-van Meeteren, A. Y. N. (2018). Aspects and Intensity of Pediatric Palliative Case Management Provided by a Hospital-Based Case Management Team: A Comparative Study Between Children With Malignant and Nonmalignant Disease. American Journal of Hospice and Palliative Medicine, 35(1), 123–131. https://doi.org/10.1177/1049909117695068
Isbayani, N. S., Made Sulastri, M. P., Tirtayani, L. A., Psi, S., & Psi, M. (2015). Penerapan Metode Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Mangkuwibawa, H., Kurnia, A., Susanti, D., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 14–22. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3076
Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prososial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120
Mustika Sari, I. T., Toha, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prososial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Nuswantari, W., & Astuti, T. P. (2015). Pengaruh Pemberian Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Empati, 4(4), 101–106. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13667
Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini (Studi pada Guru di TK Khalifah Purwokerto). Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(2), 191–203.
Rahmadani, A., & Yaswinda, Y. (2019). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 190-198.
Rinner, M. T., Haller, E., Meyer, A. H., & Gloster, A. T. (2022). Is Giving Receiving? The Influence Of Autonomy On The Association Between Prososial Behavior And Well-Being. Journal of Contextual Behavioral Science, 24(April), 120–125. https://doi.org/10.1016/j.jcbs.2022.03.011
Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 173-188.
Spinrad, T. L., & Gal, D. E. (2018). Fostering Prososial Behavior And Empathy In Young Children. Current Opinion in Psychology, 20, 40–44. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.08.004
Syamsuardi, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(5), 1–7. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3104
Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Model Outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 1-10.
Wahyuni, S., & Efastri, S. M. (2019). Pendekatan Behavioral (Teknik Reinforcement) Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Iii Kota Pekanbaru. Jurnal Golden Age, 3(02), 136. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1753
Yeni, R. A., & Aulia, P. (2019). Efektivitas Kegiatan Outbound Fun Estafet untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak–Kanak Al-Jannah Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.440
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ