PENGARUH KEGIATAN OUTBOUND ROLE PLAY TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Muhammad Akil Musi Universitas Negeri Makassar
  • Sitti Nurhidayah Ilyas
  • Gabrien Bunduk

Keywords:

outbound, role-play, prososial, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan outbound role play terhadap perilaku sosial anak usia dini. Penelitian didasari atas pentingnya aspek perkembangan sosial emosional anak khususnya perilaku prososial. Penelitian menggunakan metode eksperimen quasi eksperimental design dengan menggunakan model nonequivalent control group design.  Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok B3 TK Telkom  Kota  Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada proses penelitian ini ialah dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga analisis nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa kegiatan outbound role play dapat meningkatkan perilaku prososial anak, setelah dilakukan kegiatan outbound role play perilaku prososial anak mengalami perkembangan serta peningkatan pada setiap pertemuan dapat dilihat bahwa anak mampu membangun komunikasi, anak mampu mengembangkan interaksi sosial serta anak mampu bekerjasama.

Author Biography

Muhammad Akil Musi, Universitas Negeri Makassar

PG-PAUD FIP UNM

References

Abeditehrani, H., Dijk, C., Neyshabouri, M. D., & Arntz, A. (2021). Beneficial Effects Of Role Reversal In Comparison To Role-Playing On Negative Cognitions About Other’s Judgments For Sosial Anxiety Disorder. Journal of Behavior Therapy and Experimental Psychiatry, 70(July 2020), 101599. https://doi.org/10.1016/j.jbtep.2020.101599

Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10745

Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Bachtiar, M. Y. (2021). Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 914–923.

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57–92. https://doi.org/10.32533/01103.2017

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181-190.

Dewi, D. R., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 5(01), 55-62.

Dewi, F. K., Syamsudin, M. M., & Pudyaningtyas, A. R. (2019). Efektivitas Nature-Based Learning Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 7(2), 161. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36384

Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Fitria, Utomo, H. B., & Dwiyanti, L. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jpp PAUD FKIP Untirta, 7(2), 123–132. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index

Flook, L., Goldberg, S. B., Pinger, L., & Davidson, R. J. (2015). Promoting Prososial Behavior And Self-Regulatory Skills In Preschool Children Through A Mindfulness-Based Kindness Curriculum. Developmental Psychology, 51(1), 44–51. https://doi.org/10.1037/a0038256

Jagt-van Kampen, C. T., Colenbrander, D. A., Bosman, D. K., Grootenhuis, M. A., Kars, M. C., & Schouten-van Meeteren, A. Y. N. (2018). Aspects and Intensity of Pediatric Palliative Case Management Provided by a Hospital-Based Case Management Team: A Comparative Study Between Children With Malignant and Nonmalignant Disease. American Journal of Hospice and Palliative Medicine, 35(1), 123–131. https://doi.org/10.1177/1049909117695068

Isbayani, N. S., Made Sulastri, M. P., Tirtayani, L. A., Psi, S., & Psi, M. (2015). Penerapan Metode Outbound untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Mangkuwibawa, H., Kurnia, A., Susanti, D., Islam, U., Sunan, N., & Djati Bandung, G. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Bermain Peran Dengan Kecerdasan Emosional Anak. Universitas Hamzanwadi, 5(02), 14–22. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3076

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prososial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Mustika Sari, I. T., Toha, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prososial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Nuswantari, W., & Astuti, T. P. (2015). Pengaruh Pemberian Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku Prososial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Empati, 4(4), 101–106. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13667

Prima, E. (2018). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini (Studi pada Guru di TK Khalifah Purwokerto). Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(2), 191–203.

Rahmadani, A., & Yaswinda, Y. (2019). Pengaruh Permainan Outbound Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-Kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 190-198.

Rinner, M. T., Haller, E., Meyer, A. H., & Gloster, A. T. (2022). Is Giving Receiving? The Influence Of Autonomy On The Association Between Prososial Behavior And Well-Being. Journal of Contextual Behavioral Science, 24(April), 120–125. https://doi.org/10.1016/j.jcbs.2022.03.011

Rocmah, L. I. (2012). Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 173-188.

Spinrad, T. L., & Gal, D. E. (2018). Fostering Prososial Behavior And Empathy In Young Children. Current Opinion in Psychology, 20, 40–44. https://doi.org/10.1016/j.copsyc.2017.08.004

Syamsuardi, H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 2(5), 1–7. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3104

Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati, M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Model Outbound. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(2), 1-10.

Wahyuni, S., & Efastri, S. M. (2019). Pendekatan Behavioral (Teknik Reinforcement) Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Iii Kota Pekanbaru. Jurnal Golden Age, 3(02), 136. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1753

Yeni, R. A., & Aulia, P. (2019). Efektivitas Kegiatan Outbound Fun Estafet untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak–Kanak Al-Jannah Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 152–159. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.440

Published

2022-12-31