Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Menggambar Dalam Kegiatan Karyawisata

Authors

  • Mira Mayaksarokh
  • Ineu Setiani STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i1.6443

Keywords:

Kreativitas, Menggambar, Karyawisata

Abstract

Ineu Setiani (NIM:184223001) Kreativitas anak perlu ditingkatkan, salah satu caranya yaitu dengan melalui menggambar dalam kegiatan karyawisata.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas anak usia dini, mengetahui pelaksanaan metode karyawisata dalam upaya mengembangkan kemampuan kreativitas anak dan mengukur tingkat kemampuan kreativitas anak dalam menggambar di kelompok A TK PGRI Sejahtera IV Darma. Penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok A TK PGRI Sejahtera IV Darma. Adapun jumlah peserta didiknya adalah 11 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Untuk meningkatkan kemampuan kreativitas melalui menggambar dengan menggunakan metode karyawisata didukung oleh beberapa indikator yaitu anak mampu menggunakan alat dan bahan untuk menggambar, kemampuan memahami objek yang diamati, mampu menggambar yang dilihatnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui menggambar dalam kegiatan karyawisata, hal ini terbukti dalam hasil penelitian dalam tiga siklus. Keberhasilan kemampuan kreativitas ini juga didukung dengan memberikan anak kesempatan untuk bereksplorasi dan memberinya motivasi.

Kata-kata Kunci: Kreativitas, Menggambar, Karyawisata

References

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143

Elfan Fanhas, F. K., & Gina Nurazizah, M. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 13 – 19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 3(3a), 42–51.

Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Itqan, VII(1), 51–60.

Farikhah, Z. (2019). MENGEMBANGKAN KECERDASAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE KARYAWISATA DI TK AISYIYAH SUKOHARJO 3 PRINGSEWU., 2, 1–13.

Hildayani, R., & Dkk. (2013). Psikologi Perkembangan Anak (kesatu). Universitas Terbuka.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Montessori, K. (2018). Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 No 1 Juni 2018. 1(1).

Pamadhi, H. (2014). Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. 1–56. http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf

Pangastuti, R., & Qumillaila, Q. (2017). Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Kreativitas Menggambar Anak di Taman Kanak-Kanak Bani Toifur Kabupaten Nganjuk. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 169–184. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-05

Pertiwi, A. D., Universitas, P., & Yogyakarta, N. (2017). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764.

Respati, R. (2015). Esensi Pendidikan Seni Musik Untuk Anak. Saung Guru, VII(2), 109–115. http://ejournal.upi.edu/index.php/UPITasik/article/view/4379

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.141-150

Torres, T. (2017). BAB III Metode Penelitian. 111.

Downloads

Published

2023-06-29