Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Elka Mimin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6462

Abstract

Di Indonesia, anak usia dini ditujukan untuk anak yang berusia 0-6 tahun dimana usia ini tingkat penasaran anak terhadap segala sesuatu cukup tinggi termasuk pada gadget. Penggunaan gadget pada kalangan anak usia dini di Indonesia tinggi sehingga tidak hanya berdampak positif namun juga negatif terhadap aspek-aspek pada perkembangan anak usia dini.  Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap seluruh aspek perkembangan pada anak usia dini. Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kepustakaan dianalisis melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, serta penyajian data. Hasil analisis menyimpulkan bahwa penggunaan gadget dominan berdampak negatif terhadap berbagai aspek perkembangan pada anak usia dini meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosio-emosional serta seni. Sehingga pengawasan orangtua sangat penting untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan gadget pada anak usia dini.

Kata kunci: Penggunaan Gadget, Aspek-Aspek Perkembangan, Anak Usia Dini

References

DAFTAR PUSTAKA

Bangsawan, Ridwan & Fauziyah. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 31–39. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.24067

Damayanti, Ahmad. & Bara. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Efastri, Lhaura. & Islami. (2022). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4461–4470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2296

Febriati & Fauziah. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah Di TK Yogyakarta. The Shine Cahaya Dunia Kebidanan, 5(1), 1–12.

Hafidz, Ilhami. & Khaironi. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Kelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Pelita Paud, 3(1), 36–44.

Harsela & Qalbi. (2020). Dampak Permainan Gadget dalam Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak di TK Dharma Wanita Bengkulu. Pena Paud, 1(1), 27–39.

Hasanah. (2017). Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mental Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 207–214.

Hasanah. (2019). Pentingnya Menstimulasi Motorik Kasar Sejak Dini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Trend, Issue, Dan Inovasi Pembelajaran Berbasis Sustainable Development.

Hikmaturrahmah. (2018). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Musawa, 10(2), 191–218. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-

Laily & Chandra. (2021). Kajian Wacana Dampak Penggunaan Gadget (Gawai) Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 27–44. https://doi.org/10.24903/jw.v6i1.679

Lasmanawati & Azzahri. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Seni Pada Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Seni Pada Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19, 3(2), 42–52. http://ejournal-pancasakti.ac.id/index.php/jpb/article/view/52%0Ahttp://ejournal-pancasakti.ac.id/index.php/jpb/article/download/52/44

Marinding. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone. Honoli Journal, 1(November), 17–25.

Mayar & Sriandila. (2021). Pentingnya Mengembangkan Fisik Motorik Anak Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9769–9775.

Pangastuti. (2017). Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 165–174.

Purwijayanti, Munir. & Syamsidar. (2021). Implikasi Gadget Terhadap Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Tunas Mekar Kota Palu. ECEIJ Early Childhood Education Indonesian Journal, 4(2), 40–45.

Rahmalah, Astuti, Pramesstyaningrum & Susan. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 302–310. https://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52/52%0Ahttps://semnaslppm.ump.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/52

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sunita & Mayasari. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Wulandari & Hermiati. (2019). Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari, 3(1), 382–392. https://doi.org/10.31539/jks.v3i1.843

Yulsyofriend, Anggraini & Yeni. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80.

Published

2022-12-31