Orientasi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Di Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Lathipah Hasanah
  • Nasywa Tuffahaty Syarif Hidayatullah State Islamic University Jakarta
  • Refa Firasyan Nada
  • Riza Dwi Puspa
  • Siti Nurul Kholisoh

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.6893

Keywords:

Kurikulum Operasional Satuan, Kurikulum Merdeka, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Penelitian inti bertujuan untuk mengungkapkan tentang orientasi kurikulum merdeka di TK. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Kurikulum Merdeka belajar pada jenjang TK sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Adanya proses pembelajaran dan penilaian yang lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Dalam penilaian tersebut guru berperan penting dalam mengobservasi sifat, sikap, bakat yang di miliki anak untuk mengetahui minat dan bakat yang di miliki oleh setiap anak didik. Hasil penilaian dapat dijadikan pijakan bagi guru dalam merancang kegiatan bermain. Ketika guru mengetahui minat dan bakat anak selanjutnya guru melakukan suatu riset dalam pencarian kegiatan bermain yang sesuai dengan minat, bakat serta kognitif anak.

References

Aidil, S. (2018). Aidil Saputra: Pendidikan Anak pada Usia Dini |. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Agama Islam, 10(2), 209. https://core.ac.uk/download/pdf/228822655.pdf

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep

Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1).

Primayana, K. H. (2019). Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma carya,1,http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1),.

Leny Marlina., Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Badan Peneliti Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi., Panduan Pengembnagn Kurikulum Oprasional.

Dr. Farida Jaya M, PD. Perencanaan Pembelajaran, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatra Utara Medan 2019.

Kadek Hengki Primayana., Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, STAHN Mpu Kuturan, Singaraja, Indonesia hengkiprimayana.

Isnawardatul Bararah,. Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan

Agama Islam di Sekolah, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia.

Awal Kurnia Putra Nasution,. Kurikulum Tingkat Sstuan Pendidikan Berbasih Inklusi Di Taman

Kanak-Kanak, STAIN Gajah Putih Takengon, Aceh Tengah, Aceh.

Lina Eka Retnaningsih , Ummu Khairiyah,. Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia

Dini, Stain Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Universitas Islam Lamongan.

NS.Made Martini, S.Kep.,M.Kep ,. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar, (CV. MEDIA SAIN INDONEISA) Melong Asih Regency B40-Cijerah koota bandung -JawaBarat

Dr. Nita Priyanti, M.Pd. Dr. Supriyadi, S.T.P., M.Pd.., Inovasi Kurikulum PT. Nasya Expanding

Management (Penerbit NEM - Anggota IKAPI).

Joko Widodo, S.Pd., M.Pd., Indrianto Setyo Basori, S.E., M.Pd., Erwin Hari Kuriawan, S.Pd., M.Pd., Penyusunan Kurikulum Oprasional Sekolah(Kos) Di Sekolah Penggerak.

Anik Lestariningrum., Konsep Pembelajaran Terdefirensi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang

Paud. Pg-Paud-Fkip-Universitas Nusantara Pgri Kendiri.

Tono Supriatna Nugraha., Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran, Dinas

Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Junita Maulidina, Nur Aini, Riskiyanti, Sri Wahyuni,. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran

AUD Berbasis Tauhid, Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Enda Puspitasari Dosen Prodi PG PAUD FKIP UNR., Menyusun Perencanaan Pembelajaran

Anak Usia Dini.

Rina Insani Setyowati, Dessy Farantika, Zahro Muna Lutfia., Perencanaan Pembelajaran Reggio Emilia Pada Anak Usia Dini, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia.

Published

2022-12-31