Digital Parenting Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B TK Cinta Kasih

Authors

  • Yohanes Berkhmas Mulyadi STKIP Persada Khatulistiwa
  • Suryameng Suryameng
  • Sarayati Sarayati

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.7074

Keywords:

Digital, Parenting, Berpikir logis

Abstract

Penelitian ini bertolak dari banyaknya anak-anak usia dini yang sering bermain gadget dan berpengaruh terhadap perkembangan psikologisnya. Orang tua berperan penting dalam mendidik anak di era digital.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan digital parenting terhadap kemampuan berpikir logis anak kelompok B di TK Cinta  Kasih Sintang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling.Subjek Penelitian terdiri dari guru dan orang tua anak TK Cinta Kasih Sintang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi.Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, kategorisasi,display/penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan orang tua sangat dibutuhkan perannya dalam mengedukasi, membimbing, mengontrol dan mengatur waktunya anak,melatih anak agar mampu berpikir logis melalui pengartian terhadap apa yang telah dipelajarinya.

References

Alia, Tesa. (2018). Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital, A Journal Of Language Literature Culture and Education POLYGOT, 14, (1), 65-78.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian SuatuPendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ditjen PAUD Dikmas.(2018). Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidikan Anak di Era Digital. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga. Kementerian Pendidilan dan Kebudayaan.

Herlina, Dyna.(2018). Digital Parenting: Mendidik Anak di Era Digital. Yogyakarta : Samudra Biru

Kurniasari, Intan..(2013). Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini dalam Edu-Sains, 2, (2),14-21

Mascheroni, Giovanna. (2018). Digital Parenting: The Challengs for Families in The Digital Age”. Nordocom University of Gothenburg: The International Clearinghouseon Children, Youth and Media

Minutos, Mega. 2016. The Creative Curriculum for Preschool.Teaching Strategis: Colombus.

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung : PT. Alfabeta

................(2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung : PT. Alfabeta

Sukiman,dkk.(2016). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak Di Era Digital Digital. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zaini, M & Soenarto.(2019). Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3 (1), 254-264

Published

2022-12-31