PERSEPSI GURU PAUD TENTANG KECERDASAN KINESTETIK

Authors

  • Lungit Wicaksono Universitas Lampung
  • Renti Oktaria Universitas Lampung
  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru PAUD terhadap kecerdasan kinestetik, sehingga dapat dilanjutkan pada penelitian berikutnya untuk mengembangkan keterampilan mengajar guru dalam pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei cross-sectional, dengan pengumpulan data kuantitatif. Lokasi penelitian di Kota Bandar Lampung. Teknik pemilihan lokasi menggunakan purposive sampling, sedangkan teknik pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Jumlah sampel 100 orang guru dengan cara pengambilan data melalui kuesioner. Analisis data yang dilakukan secara deskriptif dan inferensial.  Hasil Penelitian ratarata tingkat persepsi guru PAUD tentang kecerdasan kinestetik di Kota Bandarlampung bernilai 58,05 dan berada pada kategori sedang. Sebanyak 10% dari 100 orang responden masih berada di kategori rendah dalam persepsi tentang kecerdasan kinestetik. Kondisi lainnya yang menunjukkan prestasi adalah ditemukan bahwa cukup banyak responden yang memenuhi nilai tingkat persepsi tentang kecerdasan kinestetik pada kategori tinggi yakni sebesar 41%.

References

Arie Paramitha, M. V., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01). https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1336

Creswell, J. W. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Dedi. (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adicita Karya Nusa.

Delrefi, J. A. dan. (2018). Kinerja Guru PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar, dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 18–23.

Ineke Ayu Cantika, I. Y. (2022). Pelaksanaan Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Kurniasih, B. (2017). Pemerintah Dorong Guru TK Jadi Sarjana Pendidikan.

Maharani Putri Kumalasani. (2018). Analisis Persepsi Guru SD Kota Malang Terhadap Kandungan MI Pada Buku Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar.

Musfiroh, T. (2009). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Universitas Terbuka.

Nainggolan, R., & Si, M. (2016). PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI GURU ( LEMBAGA PENDIDIKAN NON PROFIT ). 7–13.

Palupi, D. (2017). KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI IBU KEPADA ANAK.

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). GERAK DAN LAGU SEBAGAI MODEL STIMULASI PENGEMBANGAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321–330.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Alfabeta.

Viarti Eminita, Ismah Ismah, R. N. M. (2019). PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK. FIBONACCI:Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2).

Published

2022-12-31