PENGIMPLEMENTASIAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA UNTUK MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI

Authors

  • Resi Wulansari Resi Universitas Pendidikan Indonesia kampus daerah Tasikmalaya
  • Taopik Rahman
  • Purwati Purwati
  • Qonita Qonita

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.7285

Keywords:

Pendidikan karakter, model pembelajaran sentra

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu perbuatan yang mendidik dan ditujukan untuk generasi penerus. Tujuan pendidikan karakter adalah untuk melatih perbaikan diri individu secara terus menerus dan melatih keterampilan pribadi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.  Penerapan pendekatan yang tepat dan disesuaikan dengan potensi anak menciptakan lingkungan yang optimal untuk pendidikan karakter Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah model pembelajaran Sentra atau BCCT. Model sentral merupakan model pendidikan yang didasarkan pada konsep bermain sebagai jalur untuk mendidik. Sentra merupakan wadah abstrak dimana guru menyediakan banyak rangkaian kegiatan untuk anak-anak bermain dan BCCT (Beyond Center and Circle Time) adalah salah satu pendekatannya belajar melalui pusat dan lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan karakter anak usia dini melalui model pembelajaran sentra dan penelitian ini menggunakan metode studi literatur dari artikel yang telah diterbitkan oleh peneliti terdahulu.

References

Alfianti, N., & Lubis, N. S. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MODEL BEYOND CENTRE AND CIRCLE TIME. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 2(1), 38-50.

Darmiyati Zuchdi, dkk. (2015). Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110-116.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82-89.

Maspinal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mardia, M., & Usman, H. (2021). PERAN METODE SENTRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK ISLAM E-SCHOOL PINRANG. Edu-Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 108-121.

Ningsih, K. A., Prasetyo, I., & Hasanah, D. F. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sentra Bahan Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1093-1104.

Ruqoyah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) dan Kemandirian Terhadap Kreativitas. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 81–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.05

Samad, F., & Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 233–254. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.102.03

Sudaryanti. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik. Makalah dipresentasikan dalam Pengabdian Masyarakat yang diselenggrakan oleh Persekutuan Doa Keluarga Besar Kristen di Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1 Juni 2012.

Slamet Suyanto. 2012. Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1 Juni 2012.

Published

2024-01-02