Pengembangan Permainan Tradisional Dakuca Untuk Menstimulasi 6 Aspek Perkembangan Pada Anak Usia Dini

Erna Roostin, Riska Aprilianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Menghasilkan desin baru pada media permainan tradisional dakuca, (2) Menghasilkan sebuah media yang layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini, dan (3) untuk mendapatkan hasil yang efektivan dalam menstimulasi enam aspek perkembangan pada anak usia dini.  Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Brog & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di TK Negeri Pembina Sumedang. Desain uji coba terbatas menggunakan one shot case study dan pre eksperimenal one group pretest posttest pada uji lapangan. Subjek uji terbatas menggunakan judgment expect terhadap guru dan kemudian media dimainkan oleh empat anak secara bergantian. Subjek uji lapangan dilaksanakan pada kelompok B2 yang terdiri dari 19 anak. Pegumpulan data menggunakan lembar angket, lembar observasi, lembar wawancara, checklist, cacatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk uji keefektifan menggunakan uji t Independent Samples Test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil pengembangan media moneria ini melalui tahapan perencanaan, desain, dan pembuatan media. (1) Dari hasil tersebut tercipta sebuah media permianan tradisonal dakuca yang telah teruji secara kuliatas media secara desain, keamanan, dan daya tahan melalui penilaian ahli. Adapun hasil pengembangnnya terdiri dari komponen desain tambilan, biji dakuca, dan kartu dakuca. (2) Penilaian yang ditinjau dari ahli media, materi, dan responden guru menujukan media moneria dalam kategori “baik†dan “sangat baikâ€. (3) Pada hasil uji efekvitas menunjukan bahwa terdapat perbedaan pada enam aspek perkembangan anak antara sebelum dan sesudah menggunakan media moneria dengan hasil singnifikansi -5,968<0.05

Keywords


permainan tradisonal dakuca; enam aspek perkembangan anak; anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional.Jogjakarta:Javalitera.

Brog, W.R. & Gall., MD. (1991). Education reserch: an introdution. (Rev 4.th). New York & London: Longman.

Hafizah Sidi Rostiasih. (2015). Pola komunikasi keluarga dalam mengenalkan dan menanamkan nilai budaya kepada anak (Studi Deskriptif Penerapan Pola Komunikasi Pengenalan Nilai Budaya Sunda Pada Keluarga Keturunan Kerajaan Sumedang Larang). Skripsi: UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212037-201.

Hujair Ahsyanaki. (2009). Media pembelajaran. Yogyakarta: Syafiria Insania Perss.

Malpaleni Sastriana. (2013). Permainan Tradisional Berbasis Budaya Sunda Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Tesis. Jurnal Volume 7, Edisi 1 April 2013.

Muhammad Fadilah. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyadi, S.,( 2004). Bermain dan Kreativitas. Papas Sinar Sinanti : Jakarta

Sugiyono. (2007). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuatitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Sukarjo, dkk. (2005). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran handout perkuliahan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yunus Abdin. (2009). Bermain pengantar bagi penerapan pendekatan BCCT dalam dimensi PAUD. Bandung: Rizqi Press




DOI: https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Golden Age

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats