Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

Authors

  • Rohyana Fitriani Hamzanwadi University
  • Rabihatun Adawiyah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Keywords:

fisik motorik, anak usia dini

Abstract

Perkembangan motorik merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan perkembangannya pada anak usia dini. Perkembangan motorik sering dijadikan sebagai tolak ukur untuk membuktikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Perkembangan motorik adalah sesuatu yang membicarakan gerakan jasmani yang terkoordinasi, sehingga dalam pengembangannya dibutuhkan berbagai stimulasi yang tepat untuk anak usia dini. Stimulasi ini dapat diberikan oleh orang tua, guru, maupun lingkungan baik lingkungan di rumah maupun lingkungan sekolah dengan menyediakan lingkungan belajar yang mendukung untuk perkembangan motorik anak usia dini. Pemberian stimulasi tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh orang dewasa dalam memberikan fasilitas dan kesempatan yang optimal untuk tercapainya perkembangan yang optimal. Memberikan waktu yang banyak untuk anak melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang perkembangan motoriknya dan pengawasan yang tepat merupakan salah satu usaha yang tepat dalam mendukung perkembangan fisik motorik anak usia dini.

Author Biographies

Rohyana Fitriani, Hamzanwadi University

Early Childhood Departement

Rabihatun Adawiyah, Universitas Hamzanwadi

Eadly CHildhood Departement

References

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Desmika W.S., Endang N.W., Setyo Purwanto. (2012). Hubungan Antara Status Gizi dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Buah Hati Ketelan Banjarsari Surakarta. Jurnal Kesehatan. Vol. 5, No. 2.

Eny Kusumastuti. (2004). Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya. Harmoni Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Vol.V. No.1.

Fadlillah. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Ismatul Khasanah, Agung Prasetyo, & Ellya Rakhmawati. (2011). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian PAUDIA. Volume 1. No. 1.

Lolita Indraswari._____. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD. Vol.1.No.1.

Morrison, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Novan A.W. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Papalia, D.E. (2014). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Rini Hildayani. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang: Universitas Terbuka.

Santrock, J.W. (2011). Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sher. (2009). Early intervention games: fun, joyful ways to develop social and motor skills in children with autism, spectrum, or sensory processing disorders. San Fransisco: Jossey Bass.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Downloads

Published

2018-07-01