Pembelajaran Komunikatif Keterampilan Menyimak Sekolah Dasar Dengan Model Menerima, Menghadiri, Dan Menandai Makna (RAAM)

Authors

  • Dukha Yunitasari Universitas Hamzanwadi
  • Yanuarius Bria Seran Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Putrayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.7604

Keywords:

Communicative Language Teaching, RAAM, Test Component, Menyimak

Abstract

Keterampilan menyimak berkaitan dengan kesiapan menyimak secara fisik dan mental (audio dan visual), mengintegrasikan informasi yang disimak, dan memahami makna pesan dari bahan simakan atau teks dan non teks yang disimak. communicative language teaching merupakan sebuah proses pengembangan keterampilan berbahasa yang menitikberatkan terhadap semua kemampuan komunikatif. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan studi literature tentang Communicative Language Teaching (Clt) Model Receiving, Attending, And Assigning Meaning (Raam) Dengan Metode Test Component (Tc) Menyimak Di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Sampel yang digunakan adalah berbagai referensi tentang Communicative Language Teaching (Clt) Model Receiving, Attending, And Assigning Meaning (Raam) Dengan Metode Test Component (Tc) Menyimak Di Sekolah Dasar. kajian ini masih berbentuk rancangan tentang penggunaan model RAAM dalam pembelajaran keterampilan menyimak melalui teknik TC Menyimak. Model ini dirancang sebagai bentuk implementasi pendekatan komunikatif melalui pembelajaran bahasa komunikatif (CLT). Karena masih bersifat tawaran rancangan, makalah belum dilengkapi dengan metode penelitian (jenis kajian, metode, instrument, dan analisis data). Proses diskusi dalam tawaran ide kajian ini akan memperkaya dan memastikan rancangan ini menjadi model dalam proses kajian selanjutnya

References

n, H. D. (2007). PRINCPLE of LANGUAGE LEARNING AND TEACHING. Encyclopedia of the Sciences of Learning, pp. 1743–1745.

Diane Larsen-Freeman and Marti Anderson. (n.d.). Techniques-Principles-Language-Teaching.

Hagen, Å. M., Knoph, R., Hjetland, H. N., Rogde, K., Lawrence, J. F., Lervåg, A., & Melby-Lervåg, M. (2022). Measuring Listening Comprehension and Predicting Language Development in At-Risk Preschoolers. Scandinavian Journal of Educational Research, 66(5), 778–792. https://doi.org/10.1080/00313831.2021.1939136

Kemendikbud. (2012). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Http://Kemdikbud.Go.Id/, (Mei).

Listiyaningsih, T. (2017). The influence of listening English song to improve listening skill in listening class. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 35–49.

Nor, H. (2014). The techniques in teaching listening skill. Journal on English as a Foreign Language, 4(1), 41–51.

Nurpahmi, S. (2015). IMPROVING LISTENING SKILL BY ACTIVATING STUDENTS’PRIOR KNOWLEDGE. ETERNAL (English, Teaching, Learning, and Research Journal), 1(1), 28–38.

Obeidat, N. K., & Abu-Melhim, A.-R. (2008). Common Practice in Teaching English Listening Skills at Elementary Schools in Jordan. (Undetermined). International Forum of Teaching & Studies, 4(2), 33–59. Retrieved from http://proxy.libraries.smu.edu/login?url=http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=508036311&site=ehost-live&scope=site

Richards, J. C., & Renadya, W. A. (2002). Methodology_in_Language_Teaching_2002_scanned.pdf (pp. 1–432). pp. 1–432.

Sari Baso, R. (2014). Exploring Indonesian Graduates’ English Language Skills and Companies’ English Language Skills Requirements in East Kalimantan, Indonesia. IOSR Journal of Humanities and Social Science, Vol. 19, pp. 44–56. https://doi.org/10.9790/0837-19664456

The Dimensionality of Language Ability in Young Children Language and Reading Research Consortium. (2015).

Tomkins, G. E., and Hoskisson, K. (1995). Language Arts: Content and Teaching Straregies. London: Prentice-Hall International.

Downloads

Published

2022-12-31