Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Asissted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Keywords:
Model Pembelajaran, Team Assisted Individualization (TAI), Keterampilan Menyimak.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan jenis desain one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 2 Janapria sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat Pretest yang tuntas secara individual dari 20 siswa hanya 4 murid atau 20% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Secara klasikal rata-rata diperoleh sebesar 59,9% berada pada kategori rendah. Sedangkan posttest dimana dari 20 siswa terdapat 14 siswa atau 70% telah memenuhi KKM dan secara klasikal nilai rata-rata sebesar 76,3% kategori tinggi. Perolehehan dari hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t dengan jumlah t hitung 10,08 yang lebih besar daripada > t tabel = 2,093. Berdasarkan data disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Janapria Tahun Ajaran 2022/2023.References
Agustini, B. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12 (2), 106-124, http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Elly, M. (2015). Peran guru sebagai motivator dalam belajar. TADBIR: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 173-187
Hamdani, Ummu, K., & Sri, R. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SD negeri no, 59 panyangkalang kabupaten takalar. Nusantara Hasanah Journal, 2(4), 117-125
Hasrian, R. S., Widya, M., & Danny, A. (2019). Peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan. Jurnal Islam Multiperspektif, 4-2, 942-955
Laia, A. (2020). Menyimak Efeketif. Penerbit Lutfi Gilang.
Putri, D., & Elvina. (2019). Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Qiara Media.
Ryan, E. E. (2018). Penerapan meterampilan menyimak berbasis karakter melalui film animasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas 3A SD Al Husna Kota Madiun masa pandemi covid-19. SYNTAX LITERASI: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (8), 4066-4083, http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3878
Samsu, S. (2017). Metode Penelitian, Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods serta Research dan Development. Pusaka Jambi.
Susan, C. N., Ziko, F., & Armi, Y. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD negeri 2 Rantau Bingin. Journal Science and Edcucation, 1(1), 95-107
Tarigan, H. G. (2017). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.
Triadi, R. B., & Pujianti, T. (2017). Kesulitan menyimak dalam pembelajaran bahasa indonesia. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, 7(1) 42-43. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.277
Ujiati, C. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), 1-14, http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707
Umi, K., Nurulita, I., & Ihtiari, P. (2022). Implementasi aplikasi kontrol progressproyek untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi, Indonesian Journal of Engineering and Technology (INAJET), 4(2), 50-55, https://doi.org/10.26740/inajet.v4n2.p50-55
Yulianah, P. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sasatranesia, 5(3), 45-52
Zaenal, A. (2020). Metodologi penelitian pendidikan. Jurnal Al-hikmah Way Kanan, 1(1), 1-5
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ