PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI SEBAGAI PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK IMAM AL-GHAZALI (STUDI KASUS DI RA MIFTAHUS SHUDUR KEMIRI PURWOREJO)

Authors

  • Triska Candra Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Wantini Wantini

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.7639

Abstract

Akhlak ditanamkan melalui pendidikan dimulai dari usia dini sebagaimana pandangan Al-Ghazali dimana akhlak tidak bisa secara spontan tertanam dalam diri anak sehingga diperlukan pembiasaan yang berulang. Mengingat pentingnya akhlak maka RA Miftahus Shudur sebagai lembaga pendidikan menerapkan pelaksanaan pendidikan akhlak yang diintegrasikan dalam pelajaran dan pembiasaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pendidikan akhlak Al-Ghazali yang diterapkan pada anak usia dini di RA Miftahus Shudur. Metode penelitian pada artikel ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Data yang tersedia dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan pendidikan akhlak di RA Miftahus Shudur dengan pendidikan secara langsung dengan beribadah pada Allah, akhlak kepada orang tua, akhlak pada diri sendiri, akhlak dengan orang lain. Pendidikan tidak langsung dengan hadiah, larangan, dan pengawasan dari guru.

Published

2024-01-01