UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MEWARNAI TEKNIK GRADASI DI TK MUSLIM MADANI TANJUNG LOMBOK UTARA

Authors

  • Eka Pamuji Rahayu STKIP Hamzar
  • Tuti Alawiyah

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i2.7688

Keywords:

Kata Kunci, Kreativitas, Mewarnai, Gradasi

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan mewarnai yang tanpa ada teknik sehingga kegiatan mewarnai cenderung menoton dan membosankan bagi anak, maka dari itu dibutuhkan teknik dalam mewarnai yaitu menggunakan teknik gradasi. Adapun subjek dalam penelitian ini merupakan anak-anak TK Muslim Madani Tanjung Lombok Utara yaitu pada kelompok B usia 5-6 tahun dengan jumlah 13 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki, dan 6 anak perempuan. Jenis penelitian ini adalah Peneilitian Tindakan Kelas  yang dilakukan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam kegiatan mewarnai teknik gradasi meningkat, hal tersebut diperoleh dari data sikulus satu  terdapat 8 anak yang belum berkembang (BB), 3 anak mulai berkembang (MB) dan 2 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Pada siklus dua terjadi peningkatan yaitu terdapat 5 anak MB, 4 anak BSH dan 4 anak berkembang sangat baik (BSB). Peningkatan hasil tersebut membutuhkan 4 tahapan mewarnai teknik gradasi yaitu: 1) Tahap gradasi dua warna, 2) Tahap gradasi 3 warna, 3) Tahap gradasi dari gelap ke terang, dan 4) Tahap gradasi dari terang ke gelap.

Downloads

Published

2023-01-30