IDENTIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Authors

  • Baik Nilawati Astini Universitas Negeri Mataram
  • Ika Rachmayani
  • Nurhasanah Nurhasanah
  • Selasih Oktarini

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i2.7731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permainan tradisional yang ada di Kabupaten Lombok Barat sehingga dapat mengetahui cara bermain permainan tersebut dan aspek perkembangan anak yang dapat ditingkatkan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Subyek penelitian yang digunakan yaitu 2 tokoh budayawan, 2 tokoh masyarakat dan 12 pendidik PAUD. Metode pemgumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada 23 permainan tradisonal yang masih dimainkan di Kabupaten Lombok Barat. Namun dilihat dari kriteria keamanan bahan dan alat, tempat bermain, usia dan aturan main ada 14 permainan tradisional di Kabupaten Lombok Barat yang dapat dimainkan oleh anak usia dini untuk meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini.

References

Akbar, Sa’adun dkk. 2019. Pengembangan Nilai Agama Moral bagi Anak Usia Dini. Bandung: PT Refika Aditama

Cendana, Herliana dan Dadan Suryana. 2022. Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal: Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6. No. 2.

Haris, Irfan, dan Dwi Hastuti. 2016. Pemanfaatan Permainan Tradisional sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Mengembangkan Aspek Moral dab Bahasa Anak. Jurnal Universitas Slamet Riyadi. Vol. XXVIII. No. 2

Khaironi. Mulianah. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal: Golden Age Hamzanwadi University. Vol. 3. No. 1.

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenadamedia Grup

Nurhasanah. 2018. Perkembangan Anak Usia Dini. Mataram: Arga Puji Press Mataram Lombok.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014

Rahayu, Dwi Istati. 2018. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Suarta, I Nyoman. 2014. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2023-12-31