Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiental Learning) Pada Siswa Kelas II
Keywords:
Peningkatans, hasil belajar, Model Pembelajaran Berbasis PengalamanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan tes. Analisis dilakukan melalui teknik deskriptif kuantitatif. Jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 70 adalah 96 %. Perolehan daya serap tersebut melebihi standar minimal (85%) sebagai kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Siswa kelas II Tema 2 Sub Tema 1 SDN 5 Selong Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiental Learning) hasilnya sangat baik. Hal tersebut terlaksana pada pertemuan pertama dari 25 orang siswa, nilai rata rata mencapai 65, meningkat menjadi 72, dan pada siklus akhir mencapai 82. Daya serap ketuntasan belajar mencapai 64 %, meningkat menjadi 80 %, dan pada siklus akhir mencapai 96 %. Penerapan pembelajaran melalui Model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiental Learning ) berpengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
References
Arikunto, S. (2002). prosedur penetilian suatu pendekatan praktik. jakarta: rineka cipta.
arikunto, s. (2008). penelitian tindakan kelas. jakarta: bumi aksara.
bahri, D. (2002). Psikologi belajar. jakarta: rineka cipta.
Dimyanti@Mudjiono. (1994). belajar dan pembelajaran. jakarta: proyek pembinaan dan peningkatan mutu tenaga kependidikan Depdikbud.
Dimyanti@Mudjiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
E, M. (2005). menjadi guru profesional: menciptaan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. bandung : remaja rosdakarya.
hamalik, o. (2005). proses belajar mengajar. jakarta: PT Bumi aksara.
R@Ismono, M. I. (2000). pembelajaran koopertaif. surabaya: unesa press.
RI, d. (2004). undang-undang no 20 tentang sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS). jakarta: Depdiknas.
RI, D. (2006). Kurikulum 2006. jakarta: Depdiknas.
S, N. (2001). berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. jakarta : ina aksara.
slameto. (1995). belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. jakarta: rineka cipta.
sudjana, n. (2001). penilaian hasil proses belajar mengajar. bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Â
All writings in this journal are the full responsibility of the author. The Jurnal Golden Age provides open access to benefit anyone for valued information and findings. Jurnal Golden Age can be accessed and downloaded for free, free of charge, in accordance with the creative commons license used.Â
Â
Jurnal Golden Age by Universitas Hamzanwadi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/indexÂ