Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengkasifikasikan Benda Di Tk Se Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Alfian Ashshidiqi Poppyariyana Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aditia Eska Wardana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.897

Keywords:

perkembangan kognitif, mengkasifikasikan benda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dengan indikator kemampuan mengklasifikasikan benda sesuai warna, mengklasifikasikan benda sesuai bentuk, dan mengklasifikasikan benda sesuai ukuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 42 anak di kota dan kabupaten Sukabumi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengklasifikasikan benda pada anak usia 5-6 tahun di kota dan kabupaten Sukabumi 44,44 % dengan predikat sangat baik, 31,75 % dengan predikat baik, 16,67 % dengan predikat cukup baik, dan 7,14 % dengan predikat kurang baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat perkembangan anak di Sukabumi sudah berkembang dengan sangat baik

Author Biographies

Alfian Ashshidiqi Poppyariyana, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan ANak Usia Dini

Aditia Eska Wardana, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2018-07-01