Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan merupakan jurnal yang fokus di bidang pendidikan, ilmu sosial dan humaniora. Ruang lingkup Jurnal Humanitas meliputi kajian di bidang pendidikan sejarah, pendidikan sosiologi, pendidikan ekonomi, dan pendidikan geografi dan kajian non kependidikan di bidang sejarah, sosiologi, budaya, ekonomi, dan geografi. Jurnal Humanitas bertujuan untuk menfasilitasi diskusi, advokasi, dan pemutakhiran gagasan dari para ilmuwan sosial, humaniora, dan pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia. Jurnal Humanitas bertujuan menyuguhkan kekayaan wawasan dan interpretasi atas berbagai fenomena sosial humaniora, dan pendidikan baik di Indonesia maupun manca negara yang dapat memberikan inspirasi dan pembelajaran bagi studi di Indonesia

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Humanitas ini merupakan terbitan ilmiah sehingga naskah yang diterima hanya  naskah ilmiah berupa artikel ilmiah yang belum pernah dipublikasikan. Proses review dilakukan melibatkan penulis, editor, section editor, dan reviewer. Setiap artikel yang masuk terlebih dahulu diperiksa oleh editor dan sebelum dipublikasikan terlebih dahulu akan direview oleh reviewer yang ditunjuk. Setiap artikel akan diperiksa oleh maksimal dua reviewer selama 6 minggu dengan kriteria penilaian naskah sebagaimana tersebut pada Form Penilaian Artikel untuk reviewer.

 

Publication Frequency

Jurnal Humanitas terbit dua kali setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Artikel-artikel dipublikasikan secara kolektif sesuai jadwal terbit.

 

Open Access Policy

Jurnal Humanitas memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Jurnal Humanitas dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya. Namun, jika data pada artikel ini digunakan sebagai bahan dalam penulisan artikel maupun yang lainnya, harus mengutip dan mencantumkan nama penulis artikel pada artikel yang dibuat.

 

Archiving

Jurnal Humanitas menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipaan terdistribusi diantara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.