Optimalisasi Guru Menggunakan Quiz Creator dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di MTs. Sepit Lombok Timur

Authors

  • Irwan Herianto Universitas Hamzanwadi
  • Jujuk Ferdianto Universitas Hamzanwadi
  • Zidni Zidni Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v5i1.3704

Keywords:

Guru, Quiz Creator, Siswa, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal yang mengarah kepada penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator, yaitu optimalisasi guru dalam proses pembelajaran, dan minat belajar IPS bagi siswa kelas VIIIb MTs. Al-amin NW Sepit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum guru di MTs Al-amin NW Sepit tidak pernah menggunakan media pembelajaran IT dan khususnya bagi guru mata pelajaran IPS terpadu kelas VIIIb, Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor: (a) guru mata pelajaran IPS terpadu tidak mengenal media pembelajaran IT dalam hal  ini  wondershare  quiz  creator,  (b)  tidak  adanya  sarana  yang  menunjang pembelajaran menggunakan media pembelajaran IT seperti LCD, (c) keterbatasan informasi bagi guru dalam hal pengembagan media berbasis IT, dan (d) guru tidak pernah mengikuti pelatihan media pembelajaran. Hadirnya media pembelajaran wondershare quiz creator memberikan dampak yang positif terhadap proses pembelajaran baik itu yang dirasakan oleh guru maupun siswa. Bagi guru penggunaan media wondershare quiz creator dirasakan sangat bermanfaat, karena selama proses mengajar menggunakan media pembelajaran wondershare quiz creator guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran.  Bagi siswa sendiri penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator dalam proses belajar dirasakan mampu meningkatkan minat belajar.

References

Daryanto, (2012). Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fuad, A., & Abdullah, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Software Wondershare Quiz Creator dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 2(1).

Nugroho, S. A. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Wondershare Quiz Creator Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD Negeri 2 Pacarmulyo, Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang).

Rolisca, R. U. C., & Achadiyah, B. N. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator Dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 12(2).

Saraswati, D. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wondershare Quiz Creator Untuk Meningkatan Daya Tarik dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Bondowoso Tahun Ajaran 2013-2014. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Soetjipto. (2009). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodiah. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wawancara, Abdul Aziz, 24 November 2015.

Wawancara, L. M. Adnan, 10 November 2015

Wawancara, Mira Cahayani, 24 November 2015.

Wawancara, Muh. Irfan Saprianto, 24 November 2015.

Wawancara, Safarudin, 18 November 2015.

Wawancara, Sapinatunnajah, 24 November 2015.

Wawancara, Sopian Hadi, 24 November 2015.

Downloads

Published

2018-12-30