Perbedaan Pendapatan Peternak Ayam Broiler Pola Kemitraan dan Mandiri di Wanasaba Lombok Timur

Authors

  • Khaerul Wathan Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3755

Keywords:

Ayam Broiler, Pola Kemitraan, Pola Mandiri, Pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan yang diperoleh peternak ayam broiler pola kemitraan dan pola mandiri di Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, yaitu jenis penelitian yang sifatnya membandingkan perbedaan pendapatan yang diperoleh peternak ayam broiler pola kemitraan dan pola mandiri di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah para peternak yang bermitra dan mandiri di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur, dan sampel penelitian ini peneliti mengambil sebanyak 15 peternak pola kemitraan dan 15 peternak pola mandiri. Analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk mengetahui perbedaan pendapatan peternak ayam broiler pola kemitraan dan pola mandiri. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan yaitu pendapatan yang diperoleh peternak ayam broiler pola kemitraan dengan rata-rata sebesar Rp. 22.098.994, sedangkan peternak ayam broiler pola mandiri dengan rata-rata sebesar Rp. 12.342.833. Berdasarkan hasil uji hipothesis didapatkan bahwa t-hitung lebih besar dibandingkan dengan t-tabel, dimana t-hitung -4,82, dan t-tabel 1,761. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak, dengan   demikian secara meyakinkan berdasarkan uji t terbukti bahwa terdapat perbedaan signifikan pendapatan peternak ayam broiler pola kemitraan dan pola mandiri pada taraf kepercayaan α=5%.

References

Angriani. E.D. 2011. Perbandingan pendapatan antara peternak mitra dan peternak mandiri ayam broiler di Kabupaten Bungo. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Padang.

Direktorat Pengembangan Usaha Deptan. 2002. Pedoman Kemitraan Usaha Agribisnis. Jakarta: Departemen Pertanian.

Ditjen peternakan. 1997. Laporan Pertemuan Koordinasi Pemantapan Pembangunan PolaKemitraan Usaha Ayam Ras Dan Sapi Potong. Lampung.

Fadilah. R. 2004. Kunci sukses beternak ayam broiler di daerah tropis. Agromedia pustaka. Jakarta.

Kartasasmitha. Ginandjar 2006. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. PT. Pustaka Cidesindo: Jakarta.

Nazir. M. 2005. Metode Penelitian. Salemba Empat. Jakarta.

Rasyaf. M. 2001. Pengelolaan Usaha Peternakan Ayam Pedaging. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rasyaf. M. 2002. Beternak Ayam Pedaging. Edisi Revisi. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Rusastra, I. W., & Yusdja, Y. (2016, September). Analisis kelembagaan Perusahaan Inti Rakyat Perunggasan Nasional. Forum penelitian Agro Ekonomi 8(1), 1-11.

Salam, T., Muis, M., & Rumengan, A. E. (2009). Analisis Finansial Usaha Peternakan ayam broiler pola kemitraan. Jurnal agrisistem, 1, 213-217.

Santoso dan Sudaryani. T .2009. Pembibitan Ayam Ras. Bogor: PT. Penebar Swadaya.

Saptana. dkk. 2009. Strategi kemitraan Usaha dalam Rangka Peningkatan Dayasaing Agribisnis Cabai Merah di Jawa Tengah. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Badan Litbang Pertanian.Departemen Pertanian. Bogor.

Saragih. B. 2001. Agribisnis Berbasis Peternakan. Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.

Sirajuddin, S. N. (2008). Sistem bagi hasil pada peternak ayam pedaging pola kemitraan di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Agribisnis. VII (2), Makassar.

Siregar. A. P. 2005. Tehnik Beternak Ayam Pedaging di Indonesia. Merdie Group. Jakarta.

Soekartawi. 1993. Agribisnis Teori Dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Soekartawi.1995. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb- Douglas. Jakarata: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta. Bandung. Suharno. 2002. Kiat Sukses Berbisnis Ayam. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumartini. 2004. Perbandingan Pendapatan Peternak Ayam Boiler Pola Kemitraan dan Mandiri. Palu

Supriyatna, Y. A. N. A., Wahyuni, S., & Rusastra, I. (2014). Analisis Kelembagaan Kemitraan Usahaternak Ayam Ras Pedaging (Studi Kasus di Propinsi Bali). JITV, 19(3), 830-840.

Sutawi. 2007. Pengelolaan Usaha Perternakan. Universitas Hassanudin. Makasar

Tobing. V. 2005. Beternak Ayam Broiler Bebas Antibiotika: Murah dan Bebas Residu.Penebar Swadaya. Jakarta

Downloads

Published

2019-12-30