Etika Komunikasi Konselor dalam Konseling Online Berbasis Teks

Authors

  • Ainun Sheilla Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadia Aulia Nadhirah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.17812

Keywords:

konseling online, konseling berbasis teks, online counseling, text-based counseling

Abstract

ABSTRAK
Disamping berbagai kelebihan dari konseling online berbasis teks, terdapat beberapa faktor yang dapat menghambat pelaksanaannya. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah adanya kesalahan penulisan tanda baca dan emoji; penulisan kata atau penggunaan font yang kurang tepat; keterlambatan dalam membalas pesan; serta tidak menggunakan bahasa yang baik, sopan, dan jelas. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji terkait bagaimana etika komunikasi konselor dalam melaksanakan layanan konseling online berbasis teks. Penelitian dalam artikel ini menggunakan metode kajian literatur dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Belum ada pedoman/kode etik yang secara khusus membahas mengenai konseling online berbasis teks. Oleh karena itu, ketika melaksanakan konseling online berbasis teks masing-masing konselor memiliki strategi tersendiri, sesuai dengan pengalaman, keompetensi, dan keterampilan yang dimilki. Seorang konselor dalam memberikan layanan konseling secara online harus memiliki dasar kompetensi terkait teknologi dan kompetensi terkait konseling berbasis teks itu sendiri. Adapun keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki dalam melaksanakn konseling online berbasis teks yaitu typing skills, typing style, dan bagaimana sikap dalam menulis.




ABSTRACT
In addition to the various advantages of text-based online counseling, there are several factors that can hinder its implementation. Some of these factors include punctuation and emoji errors; Inappropriate wording or font use; delays in replying to messages; and not using good, polite, and clear language. This article aims to examine how counselor communication ethics in implementing text-based online counseling services. The research in this article uses a literature review method with a qualitative descriptive approach. There is no guideline/code of ethics that specifically addresses text-based online counseling. Therefore, when carrying out text-based online counseling, each counselor has their own strategy, according to their experience, competence, and skills. A counselor in providing online counseling services must have a foundation of technology-related competencies and competencies related to text-based counseling itself. The skills that must be possessed in conducting text-based online counseling are typing skills, typing style, and how to attitude in writing.


References

Alawiyah, D., Khairul Rahmat, H., & Pernanda, S. (2020). ”Menemukenali Konsep Etika dan Sikap Konselor Profesional dalam Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Mimbar: Media Intelektulial Muslim & Bimbingan Rohani, 6 (2). http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/mimbar

Anthony, K., & Nagel, D. M. (2010). Therapy Online: A Practical Guide. SAGE.

Ardi, Z., Yendi, M. F., & Ifdil. (2013). ”Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi dalam Pelayanan Konseling.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1–5. http://jurnal.konselingindonesia.com

Astutik, S. (2018). ”Konseling Konseptual: Sebuah Tinjauan Filosofis.” Indonesian Journal of Educational Counseling, 2 (2): 135–142. https://doi.org/10.30653/001.201822.42

Bai, Q., Dan, Q., Mu, Z., & Yang, M. (2019). A Systematic Review of Emoji: Current Research and Future Perspectives. In Frontiers in Psychology (Vol. 10). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02221

Budianto, A. E. (2019). Learning Android and Cyber Counseling. Media Nusa Creative.

CCPA. (2019). Guidelines for Uses of Technology in Counseling and Psichotherapy. CCPA.

Farozin, M. (2019). Counselor professional identity of counselor profession education. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 104–119. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.22515

Gunawan, R. (2018). ”Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah.” Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan & Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1): 1–15.

Haryadi, R., Rahmah, N. R., Khatimah, K., & Irmahwati, S. (2019). ”Faktor Penghambat dalam Pelaksanaan Konseling Online Berbasis Teks (Chat).” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Bermulia, 5(2), 23–26. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Ishak, N. M., Amat, S., & Bakar, A. Y. A. (2012). ”Counseling Professional Ethics From Viewpoint Of Counselor Educators.” Journal of Educational Pshychology & Counselin, 5, 71–80. https://www.researchgate.net/publication/271336608

Karimah, Kismiyati, E., & Wahyudin, U. (2010). Filsafat dan Etika Komunikasi. Widya Padjajaran.

Kraus, R., Stricker, G., & Speyer, C. (2010). Online Counseling: A Handbook for Mental Health Professionals (second). Academic Press.

Kraus, R., Stricker, G., & Speyer, C. (2011). Online Counseling: A Handbook for Mental Health Professionals. Elsevier.

Masruri. (2016). ”Etika Konseling dalam Konteks Lintas Budaya Dan Agama.” Al-Tazkiyah, 5(2), 139–150.

Mirzaqon, T. A., & Purwoko, B. (2018). ”Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Oraktik Konseling Expressive Writing.” Jurnal BK Unesa, 8(1): 1–8.

Petrus, J., & Sudibyo, H. (2017). ”Kajian Konseptual Layanan Cyberconseling.” Konselor, 6(1): 6. https://doi.org/10.24036/02017616724-0-00

Prabawa, A. F. (2021). ”Konseling Online Berbasis Teks: Keterampilan, Gaya, dan Sikap Berkomunikasi.” Procceeding International Conference on Islamic Educational Guidance and Counseling, 94–105.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Santi, N. N., & Damariswara, R. (2017). “Hubungan antara, Self Esteem dengan Self Disclosure pada Saat Chatting di Facebook.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 6(1), 110–123. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.611

Sugiana, D., Setiaman, A., Sari, K. D., Karimah, E. I., Wahyudin, U., Wibowo, N. A., Herwandito, S., Sjuchro, D. W., Yusanto, Y., Ramadhani, E., Ningsih, I. N. D. K., Samudro, A., Gemiharto, I., & Koswara, I. (2019). Komunikasi dalam Media Digital. Buku Litera Yogyakarta.

Sugiarti, Y. (2020). ”Penerapan E-Konseling Berbasis Whatsapp dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Peserta Didik SMK Negeri 5 Banjarmasin.” Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 2721–5407. https://ojs.bpsdmsulsel.id/

Syamila, D., & Marjo, H. K. (2022). ”Etika Profesi Bimbingan dan Konseling: Konseling Kelompok Online dan Asas Kerahasiaan.” Jurnal Paedagogy, 9(1), 116. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4527

Tang, Y., & Hew, K. F. (2019). “Emoticon, Emoji, and Sticker Use in Computer-Mediated Communication: A Review of Theories and Research Findings.” In International Journal of Communication (Vol. 13). http://ijoc.org.

Downloads

Published

08-07-2023