BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PROGRAM ACITIVITY DAILY LIVING (ADL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI PKLK (PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.18775Keywords:
Bimbingan Pribadi, Activity Daily LivingAbstract
Penelitian ini membahas tentang bimbingan pribadi melalui program acitivity daily living untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan pribadi untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung telah dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: 1) Tahap Awal (perencanaan), yaitu penyesuaian dengan guru, teman, dan lingkungan, serta penjelasan tentang materi pembelajaran bertujuan agar anak tunagrahita dapat memahani maksud dan tujuan dari pembelajaran yang mereka dapatkan. 2) tahap Kerja (pelaksanaan), yaitu tahap inti pada program acitivity daily living disini mengguanakan metode demonstrasi, pemberian tugas, simulasi, dan karyawisata. Di tahap kerja ini anak tunagrahita sudah masuk program inti dari program acitivity daily living seperti pembelajaran tentang merawat diri, mengurus diri, menjaga diri, menolong diri sendiri, berkomunikasi, dan bersosialisasi. 3) Tahap Akhir, yaitu penutup kegiatan yang didalamnya mencakup kegiatan evaluasi, keberhasilan dan hambatan, dan tidak lanjut (follow up) sebelum guru pembimbing atau psikolog melakukan tindak lanjut mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengukur kemampuan perkembangan anak tunagrahita.
References
Afrizal, (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pres.
Design, G. (2007). Program Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
Nasution, S. (1992). Metode Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.
Rahman Hibana S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.
Suyanto, S. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.
Informan
Ibu Saniyanti, S.Pd.Gr Kepala Sekolah PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung
Bapak Agung Wijaya, S.Psi Guru Pembimbing PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung
Ibu Sri Santi Utami, S.Pd Guru Pembimbing PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung
Ibu Phina Alifah S.S.Kom Administrasi PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License