BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PROGRAM ACITIVITY DAILY LIVING (ADL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI PKLK (PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Umi Aisyah UIN Raden Intan Lampung
  • Stella Gitalaras Gitalaras Berliana Putri UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.18775

Keywords:

Bimbingan Pribadi, Activity Daily Living

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bimbingan pribadi melalui program acitivity daily living untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan pribadi untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di PKLK Growing Hope Bandar Lampung telah dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu: 1) Tahap Awal (perencanaan), yaitu penyesuaian dengan guru, teman, dan lingkungan, serta penjelasan tentang materi pembelajaran bertujuan agar anak tunagrahita dapat memahani maksud dan tujuan dari pembelajaran yang mereka dapatkan. 2) tahap Kerja (pelaksanaan), yaitu tahap inti pada program acitivity daily living disini mengguanakan metode demonstrasi, pemberian tugas, simulasi, dan karyawisata. Di tahap kerja ini anak tunagrahita sudah masuk program inti dari program acitivity daily living seperti pembelajaran tentang merawat diri, mengurus diri, menjaga diri, menolong diri sendiri, berkomunikasi, dan bersosialisasi. 3) Tahap Akhir, yaitu penutup kegiatan yang didalamnya mencakup kegiatan evaluasi, keberhasilan dan hambatan, dan tidak lanjut (follow up) sebelum guru pembimbing atau psikolog melakukan tindak lanjut mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu sehingga mereka dapat mengukur kemampuan perkembangan anak tunagrahita.

Author Biographies

Umi Aisyah, UIN Raden Intan Lampung

<a href="http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6706305&view=overview">SINTA Author Profile<a/>

<a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=mBqcsPMAAAAJ"> Google Scholar Profile<a/>

Stella Gitalaras Gitalaras Berliana Putri, UIN Raden Intan Lampung

Bimbingan dan Konseling Islam

References

Afrizal, (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pres.

Design, G. (2007). Program Pendidikan Anak Usia Dini Non-Formal, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Nasution, S. (1992). Metode Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Rahman Hibana S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.

Suyanto, S. (2005). Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen pendidikan Nasional.

Informan

Ibu Saniyanti, S.Pd.Gr Kepala Sekolah PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung

Bapak Agung Wijaya, S.Psi Guru Pembimbing PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung

Ibu Sri Santi Utami, S.Pd Guru Pembimbing PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung

Ibu Phina Alifah S.S.Kom Administrasi PKLK (Pendidikan Khusus Layanan Khusus) Growing Hope Bandar Lampung

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Aisyah, U., & Berliana Putri, S. G. G. (2023). BIMBINGAN PRIBADI MELALUI PROGRAM ACITIVITY DAILY LIVING (ADL) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI PKLK (PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS) GROWING HOPE BANDAR LAMPUNG. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 7(1), 42–54. https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.18775