BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DOWN SYNDROME DI SLB NEGERI PRINGSEWU LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.18988Keywords:
Bimbingan Ketrampilan, Anak Down SyndromeAbstract
Anak down syndrome memiliki permasalahan yang terdapat pada kemandirian dan kreativitas sehingga menjadi hambatan pada kegiatannya di rumah maupun di sekolah. Mereka dihadapkan dengan masalah internal dalam mengembangkan dirinya melalui pendidikan yang diikutinya untuk itu mereka membutuhkan adanya bimbingan, salah satu bimbingan yang dapat diberikan adalah bimbingan keterampilan yang dapat membantu mengembangkan kemandirian dan kreativitas. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pringsewu membantu para siswanya yang mengalami down syndrome dengan melakukan bimbingan ketrampilan dengan mengajarkan berbagai ketrampilan agar siswanya dapat mandiri dalam melakukan aktifitas sehari-hari dan memiliki kemampuan atau skill dalam berbagai bidang seperti tata boga, kecantikan dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang pelaksanaan bimbingan ketrampilan yang dilaksanakan oleh SLB negeri Pringsewu. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan bimbingan keterampilan untuk mengembangkan kreativitas anak down syndrome di SLB Negeri Pringsewu meliputi tiga tahapan yaitu pertama, tahap perencanaan yang meliputi penetapan materi layanan, tujuan yang ingin dicapai, sasaran kegiatan, bahan untuk bimbingan keterampilan, rencana penilaian, waktu dan tempat. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan yang meliputi pembentukan kelompok, pengenalan alat-alat keterampilan dan kegiatan bimbingan keterampilan. Ketiga, tahap evaluasi yaitu untuk mengetahui apakah pelaksanaan bimbingan ketrampilan terlaksana dengan baik ataui tidak.
References
Adhiputra, A.A. Ngurah.2010. Bimbingan Keterampilan Hidup Berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: CV Kayumas Agung
Crain, William. (2007). Teori Perkembangan (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ervika, Eka. (2005). Kelekatan (Attachment) Pada Anak. (Online). Tersedia di:
http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3487/1/psikologi- eka%20ervika.pdf.(diunduh 11Februari 2012)
Fatchiyah Kertamuda. E. (2009). Konseling Pernikahan untuk Keluarga Indonesia. Jakarta: Salemba Humanika.
Faqih, Mansour. (1999). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
John Mc Leod. (2010). Pengantar Konseling, Teori, dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana.
Monks, F. J. Knoers A.M.P dan Haditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar alam Berbagai Bagiannya. Alih bahasa: Siti Rahayu, Haditono.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Eds: 11. Jakarta: Erlangga. Soetjiningsih, Christiana Hari. (2012). Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan
Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group
Sokolova, Irina V, dkk. (2008). Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda?. Jogjakarta: Katahati.
Qomariyah. (2011). Hubungan Kualitas Attachment dengan Kemandirian Siswa Kelas X Di Mediasi oleh Self-esteem di SMA Negeri Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wade, C.& Travis, C. (2007). Psikologi. Eds: 9. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Umi Aisyah, Arum Cahyani, Arum Cahyani, Arum Cahyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License