BIMBINGAN KETERAMPILAN UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK DOWN SYNDROME DI SLB NEGERI PRINGSEWU LAMPUNG

Authors

  • Arum Cahyani UIN Raden Intan Lampung
  • Umi aisyah Prodi BK UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.18988

Keywords:

Bimbingan Ketrampilan, Anak Down Syndrome

Abstract

Anak down syndrome memiliki permasalahan yang terdapat pada kemandirian dan kreativitas sehingga menjadi hambatan pada kegiatannya di rumah maupun di sekolah. Mereka dihadapkan dengan masalah internal dalam mengembangkan dirinya melalui pendidikan yang diikutinya untuk itu mereka membutuhkan adanya bimbingan, salah satu bimbingan yang dapat diberikan adalah bimbingan keterampilan yang dapat membantu mengembangkan kemandirian dan kreativitas. Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pringsewu membantu para siswanya yang mengalami down syndrome dengan melakukan bimbingan ketrampilan dengan mengajarkan berbagai ketrampilan agar siswanya dapat mandiri dalam melakukan aktifitas sehari-hari dan memiliki kemampuan atau skill dalam berbagai bidang seperti tata boga, kecantikan dan lain sebagainya. Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang pelaksanaan bimbingan ketrampilan yang dilaksanakan oleh SLB negeri Pringsewu. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan bimbingan keterampilan untuk mengembangkan kreativitas anak down syndrome di SLB Negeri Pringsewu meliputi tiga tahapan yaitu pertama, tahap perencanaan yang meliputi penetapan materi layanan, tujuan yang ingin dicapai, sasaran kegiatan, bahan untuk bimbingan keterampilan, rencana penilaian, waktu dan tempat. Kedua, tahap pelaksanaan kegiatan yang meliputi pembentukan kelompok, pengenalan alat-alat keterampilan dan kegiatan bimbingan keterampilan. Ketiga, tahap evaluasi yaitu untuk mengetahui apakah pelaksanaan bimbingan ketrampilan terlaksana dengan baik ataui tidak.

Author Biography

Arum Cahyani, UIN Raden Intan Lampung

<a href="http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6706305&view=overview">SINTA Author Profile<a/>

<a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=mBqcsPMAAAAJ"> Google Scholar Profile<a/>

References

Adhiputra, A.A. Ngurah.2010. Bimbingan Keterampilan Hidup Berlandaskan Tri Hita Karana. Denpasar: CV Kayumas Agung

Crain, William. (2007). Teori Perkembangan (Konsep dan Aplikasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ervika, Eka. (2005). Kelekatan (Attachment) Pada Anak. (Online). Tersedia di:

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/3487/1/psikologi- eka%20ervika.pdf.(diunduh 11Februari 2012)

Fatchiyah Kertamuda. E. (2009). Konseling Pernikahan untuk Keluarga Indonesia. Jakarta: Salemba Humanika.

Faqih, Mansour. (1999). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

John Mc Leod. (2010). Pengantar Konseling, Teori, dan Studi Kasus. Jakarta: Kencana.

Monks, F. J. Knoers A.M.P dan Haditono, S.R. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar alam Berbagai Bagiannya. Alih bahasa: Siti Rahayu, Haditono.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Eds: 11. Jakarta: Erlangga. Soetjiningsih, Christiana Hari. (2012). Perkembangan Anak: Sejak Pembuahan

Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group

Sokolova, Irina V, dkk. (2008). Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda?. Jogjakarta: Katahati.

Qomariyah. (2011). Hubungan Kualitas Attachment dengan Kemandirian Siswa Kelas X Di Mediasi oleh Self-esteem di SMA Negeri Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wade, C.& Travis, C. (2007). Psikologi. Eds: 9. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

30-06-2023