EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL BIDANG KARIR TERHADAP PEMAHAMAN DIRI SISWA

Authors

  • Dr. H. Musifuddin Universitas Hamzanwadi
  • Dani Atika Anggari Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i1.21157

Keywords:

efektivitas layanan bimbingan klasikal, pemahaman diri

Abstract

Pemahaman diri pada dasarnya merupakan pemahaman keseluruhan kepribadiannya dengan segala latar belakang dan interaksinya dengan lingkungannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Pre-Experimental Dsign dengan menggunakan model one-Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 sebanyak 26 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi.

Dari hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata pre-test 35,86 yang termasuk dalam kategori sedang, skor terendah 32 dan skor tertinggi 42. Sedangkan nilai rata-rata post-test 40,91 termasuk dalam kategori tinggi, skor terendah 37 dan skor tertinggi 51. Hasil uji T dengan nilai thitung 6,74 > ttabel 2,086 ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan hasil post-tes. Dari hasil perhitungan rata-rata skor dan uji T yang telah dilakukan terhadap pemahaman diri siswa kelas XI IPA2 sebelum mendapatkan layanan dan sesudah mendapatkan layanan bimbingan klasikal, pemahaman diri siswa mengalami peningkatan dan terdapat perubahan yang signifikan pada pemahaman diri siswa.

References

Amsanah, S. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Peserta Didik Kelas XII SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ariana, N. (2022). Penggunaan Model Teknik Role Playing melalui Layanan Bimbingan Kelompok sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Diri pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tunjungan Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Educatif Journal of Education Research, 4(4), 100- 107.

Aulia, Fitri. 2017. Teori & Praktek BK Karir. Selong: Universitas Hamzanwadi Press

BHASKORO, B. S. 2016. Pengembangan Media Blog Pemahaman Diri dalam Bimbingan Pribadi untuk Siswa Kelas X Smk Dr. Soetomo Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Fatimah, D. N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 25-37.

Febrita, D., Hartuti, P., & Sinthia, R. (2014). Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hubungan Sosial Teman Sebaya Siswa Di Kelas VII Di SMPN 4 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Habib, S, dkk. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Karir Terhadap Pemahaman Karir Siswa SMA Negeri 1 Wawotobi. Jurnal Bening, 2, (1), hll. 28

Hartono. 2018. Bimbingan Karier. Jakarta. Prenamedia Group.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. POP BK SMA. Jakarta.

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Kuseni, A. H. M. A. D., & Pratiwi, T. (2014). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode Mind Mapping untuk Meningkatakan Pemahaman Diri Siswa Kelas VIIIC SMP Darussalam Baureno Bojonegoro. Jurnal BK, 4(3), 1-6.

Makrifah, Fanistika Lailatul & Wiryo Nuryono. 2014. Pengembangan Paket Peminatandalam Layanan Bimbingan Klasikal untuk Siswa di SMP. Jurnal BK, Vol. 04, No. 3,1-8.

Nurazizah, N., Asrori, M., & Yuline, Y. (2018). Hubungan tipe kepribadian dengan pilihan karir peserta didik kelas XI MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Oktavia, I. N. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karir Siswa Kelas Xi Tata Busana Di SMK Daruttaqwa Gresik (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Pera, P., Purwanti, P., & Wicaksono, L. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Pemahaman Diri Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(8).

Rabiah, G. R. G., Saam, Z. S. Z., & Umari, T. U. T. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pemahaman Diri Siswa Boarding School Kelas X Smk Kehutanan Negeri Pekanbaru Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, Riau University).

Rifqi, H. M., Handayani, A., & Ajie, G. R. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dI SMA N 3 Pati. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 258-268.

sahli, M. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Karir Bagi Siswa yang Memiliki Pemahaman Karir Rendah (Penelitian pada siswa kelas X.D Teknik Mesin SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang). Skripsi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Saputra, A.J. (2018). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akan Minat, Motivasi, Pelatihan Profesional, Gender Dan Lingkungan Pekerjaan Terhadap Pilihan Karir Akuntan Publik Dan Non Publik (Study Empiris Mahasiswa Akuntansi pada Universitas Buddhi dan Muhammadiyah yang berada di Wilayah Tangerang Periode 2015/2016). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4, (2), hll.127.

SARI, Y. (2020). Korelasi Antara Pemahaman Diri Dengan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Pangundi Luhur Bandarlampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Setiawan, F. F., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2015). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Adlerian Terhadap Peningkatan Pemahaman Diri Siswa Kelas 5 SDN 01 Ujung Menteng. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 34-39.

Setiyowati, Eny. 2015. “ Hubungan efektivitas bimbingan karir dan orientasi masa depan dengan keputusan karir remaja” (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Bisnis: Edisi ke-14. Bandung: cv, ALFABETA

Sugiyono. 2020. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 188-191.

Suryani, O. I., & Gunawan, I. M. (2018). Hubungan pemahaman diri dengan sikap percaya diri Pada siswa kelas VIII SMPN 7 Woja. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 188-191.

Wirawan, R. A., & Rahman, M. Z. (2018). Hubungan Antara Pemahaman Diri Dengan Sikap Saling Menghargai Siswa Kelas VIII SMP. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 7-13.

Yusuf, Syamsu. Juntika Nurhisan. 2016. Landasan Bimbingan & Konseling.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Downloads

Published

31-07-2023