Evaluasi Layanan Konseling Kasus Siswa Pendidikan Dasar Di Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2354Keywords:
konseling, kasus, siswa pendidikan dasarAbstract
Tujuan kajian ini adalah untuk memeriksa dan mendeskripsi penanganan kasus-kasus oleh guru Bimbingan dan Konseling yang bertugas di lembaga pendidikan dasar di kecamatan Selong. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yang dalam kajian ini studi kasus digunakan sebagai sarana evaluasi. Tujuan metode studi kasus tersebut adalah untuk memeriksa dan mendeskripsi penanganan kasus-kasus. Data dan informasi dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi dan display data serta menarik simpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian siswa pendidikan dasar membutuhkan perhatian khusus melalui studi kasus, yang kemudian perlu dilanjutkan dengan layanan konseling. Perhatian tersebut diberikan oleh guru bimbingan dan konseling baru sebatas penanganan kasus, kemudian diberi layanankonseling, dan belum dalam bentuk studi kasus. Hasil kajian ini merekomendasikan perlunya pelatihan studi kasus.
References
Anonim. (2013). “Pendidikan Dasar.†Tersedia http://www.blogwahyu.com/ 2013/11/pusat-pendidikan-anak.html
Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Fathiyah, K.N. (2012). “Studi Eksploratif Berbagai Problem Psikologis dan Strategi Koping Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta.†Makalah dalam Proceeding The 1st International Seminar Guidance and Counseling (ISGC). Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Ferozin, M. (2012). “Develoving Model of Classroom to Improve Learning Motivation Junior High School Student.†makalah pada Prosiding Seminar Internasional Malindo-2 Pelayanan Konseling untuk semua Keberagaman, Prayitno, dkk. (Ed.). Padang: Universitas Negeri Padang – ABKIN
Furchan, A., dan Maimun, A. (2005). Studi Tokoh. Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Geldard, K. (2014). Melibatkan Remaja secara Kolaboratif.†dalam Konseling Remaja Intervensi Praktis bagi Remaja Berisiko, (Geldard, K., Ed.). Terjemahan Soetjipto, H.P. dan Soetjipto, S.M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Geldard, K., dan Patton, W. (2014). Memperkuat Dukungan Sebaya.†dalam Konseling Remaja Intervensi Praktis bagi Remaja Berisiko, (Geldard, K., Ed.). Terjemahan Soetjipto, H.P. dan Soetjipto, S.M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gross, R. (2012). “Pengantarâ€. Dalam Rolls, G. (2012). Studi Kasus Klasik dalam Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Guba, E.G., dan Lincoln, Y.S. (1982). Effective Evaluation. San Frnacisco: Jossey-Bass Publishers
Leksono, T. (2012). “Strategi Intervensi Konseling untuk Mengatasi kecemasan Siswa.†Makalah pada Prosiding Seminar Internasional Malindo-2 Pelayanan Konseling untuk semua Keberagaman, Prayitno, dkk. (Ed.). Padang: Universitas Negeri Padang –ABKIN
Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). An Expanded Source Book: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License