Evaluasi Layanan Konseling Kasus Siswa Pendidikan Dasar Di Lombok Timur

Authors

  • Ridwan Ridwan Bimbingan dan Konseling Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2354

Keywords:

konseling, kasus, siswa pendidikan dasar

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk memeriksa dan mendeskripsi penanganan kasus-kasus oleh guru Bimbingan dan Konseling yang bertugas di lembaga pendidikan dasar di kecamatan Selong. Metode yang digunakan adalah studi kasus, yang dalam kajian ini studi kasus digunakan sebagai sarana  evaluasi. Tujuan metode studi kasus tersebut adalah untuk memeriksa dan mendeskripsi penanganan kasus-kasus. Data dan informasi dikumpulkan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan reduksi dan display data serta menarik simpulan. Hasil kajian menunjukkan bahwa sebagian siswa pendidikan dasar membutuhkan perhatian khusus melalui studi kasus, yang kemudian perlu dilanjutkan dengan layanan konseling. Perhatian tersebut diberikan oleh guru bimbingan dan konseling baru sebatas penanganan kasus, kemudian diberi layanankonseling, dan belum dalam bentuk studi kasus. Hasil kajian ini merekomendasikan perlunya pelatihan studi kasus.

References

Anonim. (2013). “Pendidikan Dasar.†Tersedia http://www.blogwahyu.com/ 2013/11/pusat-pendidikan-anak.html

Depdiknas. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Fathiyah, K.N. (2012). “Studi Eksploratif Berbagai Problem Psikologis dan Strategi Koping Remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta.†Makalah dalam Proceeding The 1st International Seminar Guidance and Counseling (ISGC). Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Ferozin, M. (2012). “Develoving Model of Classroom to Improve Learning Motivation Junior High School Student.†makalah pada Prosiding Seminar Internasional Malindo-2 Pelayanan Konseling untuk semua Keberagaman, Prayitno, dkk. (Ed.). Padang: Universitas Negeri Padang – ABKIN

Furchan, A., dan Maimun, A. (2005). Studi Tokoh. Metode Penelitian Mengenai Tokoh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Geldard, K. (2014). Melibatkan Remaja secara Kolaboratif.†dalam Konseling Remaja Intervensi Praktis bagi Remaja Berisiko, (Geldard, K., Ed.). Terjemahan Soetjipto, H.P. dan Soetjipto, S.M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Geldard, K., dan Patton, W. (2014). Memperkuat Dukungan Sebaya.†dalam Konseling Remaja Intervensi Praktis bagi Remaja Berisiko, (Geldard, K., Ed.). Terjemahan Soetjipto, H.P. dan Soetjipto, S.M. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Gross, R. (2012). “Pengantarâ€. Dalam Rolls, G. (2012). Studi Kasus Klasik dalam Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Guba, E.G., dan Lincoln, Y.S. (1982). Effective Evaluation. San Frnacisco: Jossey-Bass Publishers

Leksono, T. (2012). “Strategi Intervensi Konseling untuk Mengatasi kecemasan Siswa.†Makalah pada Prosiding Seminar Internasional Malindo-2 Pelayanan Konseling untuk semua Keberagaman, Prayitno, dkk. (Ed.). Padang: Universitas Negeri Padang –ABKIN

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). An Expanded Source Book: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication

Downloads

Published

11-06-2017

How to Cite

Ridwan, R. (2017). Evaluasi Layanan Konseling Kasus Siswa Pendidikan Dasar Di Lombok Timur. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 1(1), 1–20. https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2354