Penanaman Nilai-Nilai Keimanan Melalui Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Humanistik Untuk Mengurangi Persepsi Pergaulan Bebas
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2355Keywords:
Persepsi siswa, layanan konseling kelompokAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian layanan konseling kelompok dapat mengurangi persepsi pergaulan bebas siswa kelas VIII SMPN 2 Sakra. Karena data-data yang diperoleh berupa angka-angka, maka jenis penelitian yang digunakan adalah True- Experimental Design, desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design,sedangkan instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah instrumen berupa angket.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sakra, sedangkan sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VIII-E. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Stratitified Random Sampling (sampel berstrata) dan menggunakan sistem undian untuk menentukan populasi dan sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data digunakan data angket. Instrumen dianalisis menggunakan teknik statistik treatmen. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa adanya korelasi yang signitifikan antara konseling kelompok dengan persepsi siswa terhadap konseling kelompok di SMPN2 Sakra, dengan r hitung= 61,011 dan r tabel = 2,074 (r hitung ˃ r tabel) dengan taraf signitifikasi 5 %. Penelitian ini ditemukan korelasi positif antara pemberian layanan konseling kelompok dengan persepsi siswa terhadap konseling kelompok, maka makin baik pula kemampuan persepsi siswa terhadap pergaulan bebas di SMPN 2 Sakra sangat ditentukan oleh pelaksanaan pemberian layanan konseling kelompok di SMPN 2 Sakra.
References
Abdul Aziz Ahyadi. (1991). Psikologi Agama: Kepribadian Muslim Pancasila,
Penerbit Sinar Baru, Bandung.
Arikunto, Suharsimi, 1998.Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktis.
EdisiRevisi IV. Jakarta: RinekaCipta.
Arikunto, Suharsimi, 1999. Prosedur Penelitian: Sebuah Pendekatan Praktis.
Jakarta: Rineka Cipta.
Abidin, Zenal. 2002. Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah kelas 1. Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian, Malang: UMM Press.
Ali Muhammad. (2004).Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik.Jakarta
:PT. Bumi Aksara.
Abdul mujib. (2006) Kepribadiandalampsikologi Islam, Jakarta: PT Raja
GrafindoPersada.
Azhar, Saifuddin. (2011). Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ChirzinMuhammad. (1997). Konsep dan Hikmah Aqidah Islam. Yokyakarta:
Mitra Pustaka.
Daradjat & Zakiah. (1970). Ilmu jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang. DitjenPembinaan kelembagaan Agama Islam. 2000.Materi Pengembangan
Agama Islam Pedoman Guru Taman kanak-kanak. Jakarta
Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian Yogyakarta: Pustaka Abadi. E.Koeswara. (1991).Teori-TeoriKepribadian.Bandung: Eresco.
Gunarsa,Singgih(2011). PsikologiPerkembanganAnakdanRemaja.Jakarta: PT BPK GunungMulia.
Haidar Bagir. (2005). Kisah-kisah Pembawa Berkah. Jakarta: Ilman Press.
Departemen Pendidikan Nasional RI.2006. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam SMP/MTS. Jakarta: BSNP. Hidayah, Rifa . (2009).PsikologiPengasuhanAnak, Malang: UIN- Malang Press Jalaluddin Rahmat. (1986). Islam Alternatif, Penerbit Mizan, Bandung.
Latipun. (2008). PsikologiKonseling. Malang:UniversitasMuhammadiyah
Malang.
Mulyadi. 2005. Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah kelas 2. Semarang: PT Karya
Toha Putra.
Mar’at, Samsunuwiyati. (2006). PsikologiPerkembangan. Bandung:Rosda. Nurishan. (2009). Bimbingandankonselingdalamberbagailatarkehidupan. Narbuko, Cholid dan Achmadi, H. Abu. (2010). Metode Penelitian .Jakarta:
Bumi Aksara.
Nasution.(2011). Metode Research (PenelitianIlmiah). Jakarta: BumiAksara. Pidarta. (2007). Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak
Indonesia. Jakarta: Rieneka Cipta.
PrayitnoElida. (2007). Konselingkelompok†(SadurandariBuku: Group
Counseling Strategis and Skills) FakultasIlmuPendidikan. UNP
Prayitno. (1995). LayananBimbingankonselingkelompok’’ (Dasardanprofil)’’
Jakarta: Graha Indonesia.
Riduwan. (2012) . Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Syamsul Yusuf. (2002). Psikologi Belajar Agama. Bandung: Maestro.
Sartrock, Jhon. w. (2003). AdolesencePerkembanganRemaja, Jakarta: GloraAksaraPratama.
Singgih Gunarsa. (2004). Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
SutrisnoHadi. (2004). MetodologiResearch.Yogyakarta: Andi Offset
Sundra. (2006). Penelitian Psikologi. Bandung: Alfabeta.
SigitMuryono. (2009). Empati, Penalaran moral danpolaasuh.Yogyakarta: Gala
IlmuSemesta.
Sarlito W. Sarwono (2012). PsikologiRemaja, Depok: Rajawali Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif . Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan praktiknya. Jakata: Bumi Aksara.
Tim Penyusun. (2001). Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve.
Tim Pustaka Familia. (2006). Konsep Diri Positif, Menentukan Prestasi Anak.
Yogyakarta: Kanisius.
Usman, Husaini dan Setiady Akbar, Purnomo. (2004). Metodelogi Penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Viklis Ds. (2008) . layanan konseling kelompok; Diktat Mata Kuliah Bimbingan
Konseling kelompok IKIP PGRI Madiun.
Winkel. (2004) . Bimbingan dan Konseling kelompok : Rineka Cipta.
Zuhri Hamid (1085) BertaqwaMenurutSyari’at Islam, Yogyakarta: DuaDimensi.
Zakiyah Darajat. (1983). Peranan Agama dalam Kesehatan Mental, Penerbit
Gunung Agung, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License