Ketidakseimbangan Bakat Dan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMPN 5 Yogyakarta (Ditinjau Dari Ilmu Psikologi )

Authors

  • Izmi Rafi Hamdini UIN Sunan Kalijaga
  • Fitri Aulia Bimbingan Dan Konseling Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2356

Keywords:

bakat, prestasi, PAI dan budi pekerti

Abstract

Keterbakatan (giftedness) merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki bakat-bakat yang unggul. Setiap peserta didik mempunyai potensi yang berbeda-beda. Perbedaan terletak pada jenis bakat. Ada yang berbakat dalam bermusik, ada yang berbakat dalam mengoperasikan angka-angka, ada yang berbakat dalam mengoperasikan kata-kata. Semua bakat tersebut saling berhubungan satu sama lain tetapi bekerja sendiri-sendiri, maksudnya adalah bahwa setiap peserta didik akan memiliki semua bakat tersebut akan tetapi hanya memiliki satu bakat yang lebih dengan diberikannya pelayanan khusus bagi anak- anak yang berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidakseimbangan bakat dan prestasi akademik Siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Dalam pendekatan ini, menggunakan metode wawancara, sociometry, penilaian diri, pengumpulan data, dan dokumentasi. Hasil penelitian  ditemukan  bahwa  ketidakseimbangan  bakat  dan  prestasi  akademik  Siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga yaitu di dalam lingkungan keluarga tersedianya pelayanan dalam mengembangkan bakatnya namun kurangnya pelayanan khusus untuk pengembangan   Pendidikan   Agama   Islamnya,   sedangkan   dalam   lingkungan sekolah,  juga  tidak  diadakannya  pelayanan  khusus  bagi  anak  yang  berbakat seperti Siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti

References

Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Jalaluddin, Psikologi Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007

Munandar, S.C. Utami. Kreativitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999

Ormrod,Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, terj. Wahyu Indianti dkk. Jakarta: Erlangga, 2008

Rachmawati, Yeni.Musik Sebagai Pembentuk Budi Pekerti: Sebuah Panduan untuk Pendidikan. Panduan: Yogyakarta, 2005

Rogers, Karen B. Pendidikan Anak-Anak Berbakat dan Bertalenta: Memadukan

Program dengan Anak, terj. Frida. Jakarta: PT Indeks, 2014

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan Edisi 13, Buku 1, terj. Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika, 2012

Sousa, David A. Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar, Edisi Kedua, terj. Ati Cahyani. PT Indeks: Jakarta

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana: Jakarta, 2013

Downloads

Published

06-06-2017

How to Cite

Hamdini, I. R., & Aulia, F. (2017). Ketidakseimbangan Bakat Dan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMPN 5 Yogyakarta (Ditinjau Dari Ilmu Psikologi ). JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 1(1), 42–62. https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2356