Ketidakseimbangan Bakat Dan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Di SMPN 5 Yogyakarta (Ditinjau Dari Ilmu Psikologi )
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2356Keywords:
bakat, prestasi, PAI dan budi pekertiAbstract
Keterbakatan (giftedness) merupakan suatu keadaan dimana seseorang memiliki bakat-bakat yang unggul. Setiap peserta didik mempunyai potensi yang berbeda-beda. Perbedaan terletak pada jenis bakat. Ada yang berbakat dalam bermusik, ada yang berbakat dalam mengoperasikan angka-angka, ada yang berbakat dalam mengoperasikan kata-kata. Semua bakat tersebut saling berhubungan satu sama lain tetapi bekerja sendiri-sendiri, maksudnya adalah bahwa setiap peserta didik akan memiliki semua bakat tersebut akan tetapi hanya memiliki satu bakat yang lebih dengan diberikannya pelayanan khusus bagi anak- anak yang berbakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidakseimbangan bakat dan prestasi akademik Siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi. Dalam pendekatan ini, menggunakan metode wawancara, sociometry, penilaian diri, pengumpulan data, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa ketidakseimbangan bakat dan prestasi akademik Siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti disebabkan oleh faktor lingkungan keluarga yaitu di dalam lingkungan keluarga tersedianya pelayanan dalam mengembangkan bakatnya namun kurangnya pelayanan khusus untuk pengembangan Pendidikan Agama Islamnya, sedangkan dalam lingkungan sekolah, juga tidak diadakannya pelayanan khusus bagi anak yang berbakat seperti Siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi PekertiReferences
Ahmadi, Abu Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta, 1991
Jalaluddin, Psikologi Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007
Munandar, S.C. Utami. Kreativitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1999
Ormrod,Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang, terj. Wahyu Indianti dkk. Jakarta: Erlangga, 2008
Rachmawati, Yeni.Musik Sebagai Pembentuk Budi Pekerti: Sebuah Panduan untuk Pendidikan. Panduan: Yogyakarta, 2005
Rogers, Karen B. Pendidikan Anak-Anak Berbakat dan Bertalenta: Memadukan
Program dengan Anak, terj. Frida. Jakarta: PT Indeks, 2014
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan Edisi 13, Buku 1, terj. Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika, 2012
Sousa, David A. Bagaimana Otak yang Berbakat Belajar, Edisi Kedua, terj. Ati Cahyani. PT Indeks: Jakarta
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan: Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995
Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Kencana: Jakarta, 2013
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License