Keterampilan Mengajar Ipa Yang Humanis Di SD/MI

Authors

  • SUPARLAN SUPARLAN STIT Palapa Nusantara Lombok NTB

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v1i1.2358

Keywords:

Mengajar IPA, Humanis

Abstract

Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan professional. Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya.Mengajar adalah menanamkan pengetahuan pada seseorang dengan cara paling singkat dan tepat. Definisi yang modern di Negara- negara yang sudah maju bahwa “teaching is the guidance of learningâ€. Mengajar adalah bimbingan kepada siswa dalam proses belajar.

References

Ann C. Hone dan Linda Jones, Engaging Children in Science, New York: Macmillan Publishing Company, 1993.

Diana Rochintaniawati, Analisis Kebutuhan Guru dalam Mengembangkan Kurikulum dan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Disertasi, Bandung: SPS UPI, 2010.

Endang Soenarya, Teori Perencanaan Pendidikan; Berdasarkan Pendekatan Sistem, Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 2000.

Fitri Indriani, Kompotensi Pedagogik Guru IPA di MIN Yogyakarta II Dan SD N Tamansari Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta : PPs UIN Sunang Kalijaga, 2012.

Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta : Rajawali Pres, 1996.

Heru Irianto Dan Burhan Bungin, Pokok-Pokok Penting Tentang Wawancara, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001.

Husien Umar, Riset Pemasaran Dalam Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia, 2002.

John W. Creswell, Research Design, (Pnj) Achmad Fawaid, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1989.

Lexi J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1993.

Milles & Huberman, Qualitative Data Analysis, London, Sage Publication, ts. Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Safiuddin Azwar, Reliabilitas Dan Validitas,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikunto & Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004.

Richard Arends, Learning to Teach, New York,Mcgraw Hill Companies,2008. Usman Samatowa, Pembelajaran IPA disekolah Dasar, Jakarta: PT Indeks, 2011.

Downloads

Published

27-06-2017