Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Analisis Transaksional Di SMP Negeri 2 Masbagik
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i1.2359Keywords:
pendekatan analisis transaksional, motivasi belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektifitas pendekatan analisis transaksional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Masbagik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 163 siswa dan sampel berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas control kelas IX. Metode penelitian adalah eksperimen pretest-posttest control group design dengan pengumpulan data yang digunakan adalah angket pengukuran peningkatan motivasi belajar siswa yang masing-masing terdiri dari 20 item dan 4 pilihan jawaban. Setelah dilakukan pengumpulan data pree test didapatkan, jumlah skor yang dicapai oleh 29 siswa untuk kelas kontrol 915 dengan skor rata-rata 31,55, dan untuk kelas eksperimen jumlah skor yang dicapai oleh 32 siswa yaitu 969 dengan skor rata-rata 30,28, setelah diberikan perlakuan berupa teknik pendekatan analisis transaksional terjadi peningkatan yang cukup signifikan hal ini dapat dilihat dari hasil post-test pada kelas eksperimen yaitu menunjukan bahwa skor yang dicapai oleh 32 siswa adalah 1655 dengan skor rata-rata 51,71, sedangkan hasil angket post test pada kelas yang dijadikan kelas control menunjukan bahwa skor yang dicapai oleh 29 siswa adalah 1191 dengan skor rata-rata 41,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa: pendekatan analisis transaksiona efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Masbagik. Oleh sebab itu diharapkan kepada setiap guru pembimbing kedepan hendaknya memberikan pendekatan analisis transaksional dan dipadukan dengan layanan-layanan yang lain sehingga siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya.
References
Aminullah.(2014). Efektifitas Konseling Analisis Transaksional Terhadap Pengurangan Prilaku Membolos. Lombok Timur: Program Pascasarjana STKIP Hamzanwadi selong.
Arifin, Zainul. (2011). Penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Arikunto, Suharsimi. (2002). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta:
RinekaCipta
Arikunto, Suharsimi dkk.(2010).PenelitianTindakanKelas. Jakarta:Grafindo. Aunurrahman.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. http://iching-sugar.blogspot.co.id/2012/10/konseling-kelompok.html.
Komalasari, Ganti. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru.
Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Prayitno.(1995). Layanan dan Bimbingan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia
Indonesia Ridwan.(2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sardiman.(2011). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers. Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka
Cipta.
Soemanto, Wasty.(2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Soemanto, Wasty.(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsmi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta :
PT.Rineka Cipta
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sugiyono.(2014). Metode Penelitin Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.(2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Zuldafrial.(2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Cakrawala Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License