Pengembangan Konseling Dan Psikoterapi Komprehensif Qur’ani Untuk Mengatasi Problematika Manusia
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i1.2360Keywords:
konseling dan psikoterapi komprehensif, Qur’ani, problematika manusiaAbstract
Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui problematika masalah manusia, dan kemudian mengembangkan serta memetakan program bantuan yang komprehensif melalui konseling dan psikoterapi Qur’ani (Korini). Solusi komprehensif ditawarkan karena manusia dalam situasi problematika, solusinya tidak cukup diberikan dengan satu atau dua buah terapi; karena ia perlu didasarkan atas pemahaman menyeluruh terhadap hakikat inti dan faktor masalah manusia menurut al-Qur’an. Apa inti problematika manusia? Menurut alQur’an adalah karena membangkang terhadap Tuhan, sombong, serakah, iri hati dan dengki, dan kesedihan karena frustrasi. Masalah-masalah lain muncul dari masalah inti tersebut. Selanjutnya, pemahaman terhadap problematika itu melahirkan tingkatan kebutuhan penyembuhan dan pengembangan. Mereka dikelompokkan dalam: (1) program layanan dasar, berupa terapi fitrah, terapi pertobatan dan terapi kesombongan; (2) program layanan responsif, melalui terapi kemarahan, terapi problem-solving, terapi keserahakan, terapi kesedihan, terapi sufistik; (3) program layanan perencanaan individual, melalui layanan terapi penjangkit sukses, terapi munajat dan terapi sufistik (neo-Sufisme), dan (4) dukungan sistem, yakni untuk membangun jaringan, manajemen program, dan riset serta pengembangan. Terapi sufistik digunakan untuk dua program, yakni untuk mengatasi penyakit hati, jiwa (mental) dalam layanan responsif, dan mengatasi gangguan dalam perjalanan rohani menuju Tuhan dalam program perencanaan individual. Sejumlah konseling dan psikoterapi lain dapat dimasukkan ke dalam tiap program layanan yang relevan. Tiap layanan terapi tersebut disusun dalam sebuah model, yang berisi pengertian, tujuan, sasaran terapi (spiritual, mental, moral, atau fisik), prosedur dan teknik terapi, materi terapi, kualifikasi konselor, dan indikator keberhasilan.
References
Al-Qur’an al-Karim. (tth).Departemen Agama Republik Indonesia
Ahmad dan Mansyur, A.Y. (2017). Problem Solving Berbasis Konseling Al-Qur’an. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 8 Nomor 1, Juni 2017, hlm. 45-64
Al-Jauziyah, I.Q. (2005). Manajemen Qalbu Melumpuhkan Senjata Setan. Penerjemah Ainul Haris Umar Arifin Thayib. Jakarta: Darul Falah
Al-Laahim, K.A.K. (2009). The Mystery of the Quran Secret Power. (Terjemahan). Solo: Penerbit an-Naba’
Corey, G. (2010). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Penerjemah E. Koeswara. Bandung: Refika Aditama
Cormier, S. (2017). Strategi dan Intervensi Konseling bagi Konselor. Edisi ke-9. Penerjemah Annisa Nuriowandari. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Operasional Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta
Enver, I.H. (2004). Metafisika Iqbal. Penerjemah M. Fauzi Arifin. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Erford, B.T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Edisi Kedua. Penerjemah Helly Prajitno Sutjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Jogjakarta: Pustaka Pelajar
Frager, R. (2002). Hati, Diri dan Jiwa, Psikologi Sufi untuk Transformasi. Penerjemah Hasmiyah Rauf. Jakarta: Serambi
Hornby, A.S. (2003). Oxford Advanced Ldearner’s Dictionary of Current English. Sixth Edition. Oxford: Oxford University Press
Imam al-Ghazali. (2009a). Ihya’ Ulumiddin Vol. 4 . Penerjemah Moh. Zuhri, Muqoffin Muchtar, dan Moqorrobin Misbach. Semarang: CV. Asy-Syifa’
Imam al-Ghazali. (2009a). Ihya’ Ulumiddin Vol. 5. Penerjemah Moh. Zuhri, Muqoffin Muchtar, dan Moqorrobin Misbach.Semarang: CV. Asy-Syifa’
Imam al-Ghazali. (2009a). Ihya’ Ulumiddin Vol. 6. Penerjemah Moh. Zuhri, Muqoffin Muchtar, dan Moqorrobin Misbach.Semarang: CV. Asy-Syifa’
Konseling Religi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 8 Nomor 1, Juni 2017
Mubasyaroh. (2017). Pendekatan Psikoterapi Islam dan Konseling Sufistik dalam Menangani Masalah Kejiwaan. Konseling Religi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 8 Nomor 1, Juni 2017, hlm. 193-210
Mubarok, A. (2000). Konseling Agama Teori dan Kasus. Jakarta: Bina Rina Pariwara
Najati, M.U. (2005). Psikologi dalam Tinjauan Hadist Nabi Saw. Jakarta Selatan: Mustaaqiim
Nelson-Jones, R. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi. Edisi keempat. Penerjemah Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyalarta: Pustaka Pelajar
Parker, S. (2011). “Spirituality in Counseling: A Paith Development Perspective.†Journal of Counseling and Development. Alexandria, 89/1, Winter, pp.112-119
Praja, J.S. (1990). “TQN Pondok Pesanteren Suryalaya dan Perkem-bangannya pada Masa Abah Anom.†Dalam Thoriqot Qodiriyyah Naqsabandiyyah, Sejarah, Asal-usul dan Perkembangannya. Dalam Nasution (Ed.). Tasikmalaya-Indonesia: Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM)
Rahayu, I.T. (2009). Psikoterapi Perspektif Islam & Psikologi Kontemporer. Malang: UIN Press
Rahman, I.K. (2017). Gestalt Profetik (G-PRO) Best Practice Pendekatan Bimbingan dan Konseling Sufistik. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 8 Nomor 1, Juni 2017, hlm. 151-172
Rahmat, M. (2010). “Implikasi Konsep Insan Kamil dalam Pendidikan Umum di Pondok Sufi POSMODA.†Disertasi. Bandung. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Ridwan. (2014). Bimbingan Berlandaskan Neo-Sufisme untuk Mengembangkan Perilaku Arif (Suatu Ikhtiar Pemaduan Pendekatan Idiografik dan Nomotetik terhadap Orang Arif dan Mahasiswa). Disertasi. Bandung. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia
Ridwan. (2017). Mendidik ala Sufi. Tafsir Neo-Sufisme atas Realitas Pendidikan. Lombok Timur: Segare Kedaton Institute
Ridwan. (2018). Konseling dan Terapi Qur’ani. Jogjakarta: CV. Pustaka Pelajar
Schimmel, A. (2000). Dimensi Mistik dalam Islam. Penerjemah Sapardi Djoko Damono, dkk.Jakarta: Pustaka Firdaus
Shihab, M.Q. (2010a). Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 1.Ciputat: Lentera Hati
Shihab, M.Q. (2010b). Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Vol. 2.Ciputat: Lentera Hati
Shihab, M.Q. (2010c). Tafsir al-Mishbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an Vol. 8.Ciputat: Lentera Hati
Sholeh, M. (2007). Terapi Shalat Tahajud Menyembuhkan Berbagai Penyakit. Jakarta Selatan: Hikmah
Siroj, S.A. (2006). Tasawuf sebagai Kritik Sosial. Bandung: Mizan
Sutoyo, A. (2009). Model Bimbingan dan Konseling Sufistik untuk Mengembangkan Pribadi yang ‘Alim dan Saleh. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islami. Vol. 8 Nomor 1, Juni 2017, hlm. 1-20
Tafsir, A. (2012). Berjalan Menuju Langit. Rukun Islam sebagai Tarekat. Bandung: SimbiosaRekatama Media
Willis, S.S. (2010). Konseling Individual. Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License