Pengaruh Pendekatan Konseling realitas Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Broken Home Sman1 Sikur

Authors

  • dewi yulianti Universitas Hamzanwadi
  • Yuli Hardianti

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v2i1.2363

Keywords:

Pendekatan Konseling Realitas, Konsep Diri, Siswa“Broken Home”.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home†SMAN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian subyek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subyek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home†kelas XI SMAN 1 Sikur

References

Anonim.http://yogie-civil.blogspot.com/2010/11/broken-home.html. Hari Jum’at, 25 Maret, 08.30 WITA

Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Rafika Aditama

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kertamuda, E. Fatchiah. (2009). Konseling Pernikahan Untuk Keluarga Indonesi.

Jakarta: PT. Salemba Humanika.

Nelson-Jones, Richard. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Juang Sunanto, Koji Takeuchi, Hideo Nakata (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Indonesia: criced University Of Tsukuba

Suratmi. (2015). Hubungan antara ketidak harmonisan keluarga dengan konsep diri negatif siswa. Universitas Hamzanwadi: Skripsi ini tidak diterbitkan.

Triyono & Mastur. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan & Konseling, Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: PT. Paramita Publishing.

Willis, S. Sofyan. (2008). Konseling Keluarga. Bandung: PT. Alfabeta

Downloads

Published

05-07-2020

How to Cite

yulianti, dewi, & Hardianti, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Konseling realitas Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Broken Home Sman1 Sikur. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(1), 64–73. https://doi.org/10.29408/jkp.v2i1.2363