Pengaruh Pendekatan Konseling realitas Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Broken Home Sman1 Sikur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i1.2363Keywords:
Pendekatan Konseling Realitas, Konsep Diri, Siswa“Broken Homeâ€.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home†SMAN 1 Sikur Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian subyek tunggal menggunakan desain (A-B). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu orang siswa yang bermasalah sebagai sampel yaitu yang diambil dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), dan menggunakan rumus eksperimen subyek tunggal dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi, banyaknya variabel terikat yang ingin diubah, tingkat stabilitas data dan perubahan level data dalam satu kondisi atau antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan pendekatan konseling Realitas untuk meningkatkan konsep diri siswa “broken home†kelas XI SMAN 1 SikurReferences
Anonim.http://yogie-civil.blogspot.com/2010/11/broken-home.html. Hari Jum’at, 25 Maret, 08.30 WITA
Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT Rafika Aditama
Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kertamuda, E. Fatchiah. (2009). Konseling Pernikahan Untuk Keluarga Indonesi.
Jakarta: PT. Salemba Humanika.
Nelson-Jones, Richard. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.
Juang Sunanto, Koji Takeuchi, Hideo Nakata (2005). Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Indonesia: criced University Of Tsukuba
Suratmi. (2015). Hubungan antara ketidak harmonisan keluarga dengan konsep diri negatif siswa. Universitas Hamzanwadi: Skripsi ini tidak diterbitkan.
Triyono & Mastur. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan & Konseling, Bidang Bimbingan Pribadi. Yogyakarta: PT. Paramita Publishing.
Willis, S. Sofyan. (2008). Konseling Keluarga. Bandung: PT. Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License