Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI Sma Birrul Walidain NW Rensing
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2372Abstract
Konseling Gestalt merupakan pendekatan dalam konseling individu yang menekankan kesadaran disini dan sekarang dan bagaimana tingkah laku dan pada peran urusan yang tak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan individu untuk bisa berfungsi secara efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan oleh manusia agar dia dapat menjalani semua aktivitasnya dengan lancar. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah â€Ingin Mengetahui Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensingâ€. Metode penentuan subyek penelitian menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 11 orang sesuai dengan angket pre-test yang telah diberikan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: â€Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensingâ€. Hal ini terbukti dari hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,93 > 2,22), yang berarti hasil penelitian signifikan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Hikmawati, 2012. Bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mardalis, 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Aneka Cipta.
Murwani, A &Istichomah. 2009. Komunikasi Untuk Terapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya.
Ratriningtyas Sisilia. 2014. Studi Kasus Penerapan Model Konseling Gestalt Untuk Menangani Siswa Traumatik kelas XI di MA Muallimin NW Gunung Rajak 2014/2015. Skripsi tidak di terbitkan.
Sugiyono. 2010. StatistikaUntukPenelitian.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKualitatif, Kuantitaitf dan R & D). Bandung: Alfabeta Bandung.
Suharsimi, A. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisirevisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License