Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI Sma Birrul Walidain NW Rensing

Authors

  • Muhammad . Ripli FKIP-UNIVERSITAS HAMZANWADI
  • MUhammad Rijalul Pahlawi MA Unwanul Falah Nahdlatul Wathan Paok Lombok

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2372

Abstract

 

Konseling Gestalt merupakan pendekatan dalam konseling individu yang menekankan kesadaran disini dan sekarang dan bagaimana tingkah laku dan pada peran urusan yang tak selesai dari masa lampau yang menghambat kemampuan individu untuk bisa berfungsi secara efektif. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif sangat diperlukan oleh manusia agar dia dapat menjalani semua aktivitasnya dengan lancar. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensing Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah â€Ingin Mengetahui Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas XI SMA Birrul Walidain NW Rensingâ€. Metode penentuan subyek penelitian menggunakan proportional random sampling. Adapun jumlah sampel dalam penelitian yaitu sebanyak 11 orang sesuai dengan angket pre-test yang telah diberikan.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu  angket  sebagai metode pokok, observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan rumus t-test. Hasil analisis  data  dapat  disimpulkan  bahwa:  â€Ada  Pengaruh  Konseling  Gestalt Terhadap  Kemampuan  Berkomunikasi  Pada  Siswa  Kelas  XI  SMA  Birrul Walidain NW Rensingâ€. Hal ini terbukti dari hasil t hitung yang lebih besar dari t tabel (8,93 > 2,22), yang berarti hasil penelitian signifikan.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Hikmawati, 2012. Bimbingan konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardalis, 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Aneka Cipta.

Murwani, A &Istichomah. 2009. Komunikasi Untuk Terapeutik Panduan Bagi Perawat. Yogyakarta: Fitramaya.

Ratriningtyas Sisilia. 2014. Studi Kasus Penerapan Model Konseling Gestalt Untuk Menangani Siswa Traumatik kelas XI di MA Muallimin NW Gunung Rajak 2014/2015. Skripsi tidak di terbitkan.

Sugiyono. 2010. StatistikaUntukPenelitian.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKualitatif, Kuantitaitf dan R & D). Bandung: Alfabeta Bandung.

Suharsimi, A. 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisirevisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

18-07-2020

How to Cite

Ripli, M. ., & Pahlawi, M. R. (2020). Pengaruh Konseling Gestalt Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI Sma Birrul Walidain NW Rensing. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(2), 1–8. https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2372