Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri Dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA NW Tebaban

Authors

  • I Dewa Putu Partha Bimbingan Dan Konseling Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2374

Keywords:

Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan Berkomunikasi memecahkan masalah

Abstract

Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri dan  Keterampilan  Berkomunikasi  Terhadap Kemampuan  Memecahkan Masalah Pada  Siswa  SMA   NW    Tebaban   Tahun Pelajaran 2018/2019â€.Penelitian  ini  bertujuan   untuk   mengetahui    Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA NW Tebaban  Tahun Pelajaran  2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penelitian deskriptif digunakan untuk berupaya memecahkan atau  menjawab permasalah yang  sedang  dihadapi pada  situasi  sekarang. Adapaun teknik yang digunakan dalam mengumpulakan  data adalah melaluiobservasi dan penyebaran angket. Observasi ini di gunakan untuk mengetahui kegiatan konselor, danangket ini digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penyesuiandiri, dankemampuan menyelesaikan masalah siswa. Dapat dikatakan bahwa Kemampuan Penyesuaian Diri dan Keterampilan    Berkomunikasi    efektif Terhadap  Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA  NW  Tebaban Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Arifin, Anwar.2003. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Changara, Hafied. 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grafindo Persada.

Gustina.2015. Pengaruh Komunikasi Keluarga Terhagap Prestasi Belajar sosiolagi siswa kelas XI IPS SMAN I Utan Lombok Timur. Skripsi. STKIP HAMZANWADI SELONG. Tidak di Terbitkan

Hamidi. 2015. Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Melalui Layanan Bimbingan

Kelompok Terintegrasi Dengan Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V SDN 03 Denggen.Skripsi.STKIP Hamzanwadi Selong.

Henry, Guntur . 2009. “Pengajaran Kompetensi Bahasaâ€. Penerbit: Angkasa Bandung. Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang

Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Kriyanto,Rakhmat. 2009. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kancana

Prayitno dan Erman Amti. 1994. “ Dasar - Dasar Bimbingan Dan Konselingâ€. Jakarta Rineka Cipta.

Rakhmat,Jaludin.2005.Psikologi Komunikasi.Bandung : Remaja Rosdakarya

Ridwan.2015. Kuantum Penelitian pendidikan (Edisi revisi). Perkembangan dari penelitian konvensional ke kuantum untuk menghasilkan temuan-temuan besarâ€. Modul. STKIP HAMZANWADI SELONG. Tidak di terbitkan

.

Sedayanasa.1985. “Ketrampilan Komunikasi antar pr ibadi dan Kelompokâ€. Singaraja : Universitas Udayana

Sugiyono. 2009. “ Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung : Alfabeta

Suharsimi Arikunto.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta .

Downloads

Published

18-07-2020

How to Cite

Partha, I. D. P. (2020). Konstribusi Kemampuan Penyesuaian Diri Dan Keterampilan Berkomunikasi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa SMA NW Tebaban. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 2(2), 9–30. https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2374