Penguatan Karakter Berbahasa Pada Anak Di SDIT
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2410Keywords:
Karakter, Perkembangan Bahasa Anak.Abstract
Bahasa merupakan salah satu aspek perkembangan yang mutlak dilalui oleh setiap anak. Kemampuan berbahasa memiliki pengaruh yang signifikan dalam pembentukan karakter. Di Indonesia, upaya untuk mensukseskan pendidikan karakter terus digalakkan. Salah satunya adalah program PPK (Peningkatan Pembentukan Karakter) yang dicanangkan oleh Kemendikbud di tahun ini. Kecerdasan berbahasa berhubungan dengan kemampuan merespon (innate). Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui karakter berbahasa di SDIT. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, karakter positif yang dibentuk di SDIT Nurul Fikri Lombok Timur dapat dijumpai dalam berbagai aktivitas, seperti: (1) jadwal daily activity siswa dari kedatangan sampai kepulangan yang secara keseluruhan bernilai pengembangan karakter yang positif, (2) budaya untuk tidak memanggil dengan kata sapa “kamuâ€, (3) 3) budaya makan dan minum sambil duduk, (4) budaya sholat berjamaah, (5) budaya memberikan punishment terhadap siswa yang melanggar dengan pembangunan karakter yaitu membaca istigfar 33x.
References
Abdullah, Faisal, 2001, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Jakarta: Alfabeta
Agustina, Septia, (2013), Peran Sekolah Islam Terpadu Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa (Study Kasus di SDIT Islam Terpadu Permata Bunda Gedung Meneng Rajabasa Bandar Lampung). Jurnal Kultur Demokrasi FKIP Unila. Vol. 1, No. 3 Tahun 2013.
alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id
Dardjowidjojo, Soenjono Echa, (2007), Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Dardjowidjojo, Soenjono, (2008), Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Gulo. W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Hamruni, (2009), Edutainment dalam Pendidikan Islam & Teori-Teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu kemedikbud.go.id nasional.kompas.com
Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008), Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas erbuka.
Pantu, Ayuba, dkk, (2014), Pendidikan Karakter dan Bahasa, Jurnal Al-Ulum, Vol. 14, No. 1, Juni 2014. Hlm. 153.
Prayitno, (2007), Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar. Padang: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan DIKNAS, (2011), Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.
Rokib, (2009), Ilmu Pendidikan Islam pendidikan integratif di sekolah, keluarga, dan masyarakat, Yogyakarta: LKIS.
Samsunuwiyati, Mar’at, (2007), Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama.
Subyakto, Sri Utari, (2008), Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Suyatno, (2013), Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, dan Tren Baru Pendidikan Islam Indonesia, Jurnal Pendidikan Islam Vol. II, No. 2, Desember 2013. Hlm 370.
Suyatno, (2015), Sekolah Islam Terpadu Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Qalam, vol. 21, No. 1 Juni 2015. Hlm. 6
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License