Pengaruh Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Pada Siswa Kelas X SMA NW Pancor Tahun Pelajaran 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v2i2.2411Keywords:
bimbingan kelompok mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan berbicara di depan kelas pada siswa kelas x SMA NW Pancor tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan menggunakan one group pre-test post test design. Subjek penelitian ini adalah 12 orang siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancra dan angket kecemasan berbicara di depan kelas dan dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitataif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukan bahwa data kondisi awal siswa sebelum di berikan bimbingan kelompok menggunakan wawancara dan angket kecemasan berbicara di depan kelas termasuk dalam kategori tinggi, dengan karakteristik 1) subyek cenderung memiliki rasa takut dan gugup untuk tampil berbicara di depan kelas, 2) sebagian anggota tubuh siswa gemetar saat akan berbicara di depan kelas, 3) subyek cenderung ingin menghindar ketika akan tampil berbicara di depan kelas, 4) subyek tidak bisa berbicara dengan lancara di depan kelas, 5) subyek sulit fokus atau berkonsenterasi saat akan tampil berbicara di depan kelas. Setelah siswa di berikan treatmen layanan bimbingan kelompok, terdapan perubahan penurunan tingkat kecemasan berbicara di depan kelas sedang kategori rendah dengan karakteristik 1) Subyek memiliki rasa keberanian ketika akan tampil berbicara di depan kelas, 2) sebagain anggota tubuh tidak lagi gemetaran saat tampil di depan kelas, 3) subyek tidak lagi menghindar saat akan berbicara di depan kelas, 4) subyek mulai lancar berbicara di depan kelas, 5) subyek bisa fokus dan bisa berkonsenterasi saat akan tempil berbicara di depan kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Pengaruh Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Arikunto, S. 2007, Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta
Fahrozin Muh Dkk, Panduan Oprasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling, jakarta: 2016
Naim Ngainun, Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media 2011.
Prayitno, 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling, Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wilis, Sofyan S. 2004. Konseling Individu, Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES PRESS.
Winkel, Dkk, 2012. Bimbingan dan konseling kelompok. Di Institusi Pendidikan Yogyakarta: Media Abadi.
Tarigan, Herny Guntur .2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Alex Sobur, 2003. Pisikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License