Pengaruh Konseling Behavior Teknik Asertif Dalam Mencegah Kecenderungan Minuman Miras Pada Siswa Kelas VIII MTS Tirtanadi
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2414Keywords:
Pendekatan Konseling behavior teknik asertif, kecenderungan miras pada siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan konseling behavior teknik asertif untuk menurunkan kecenderungan miras pada siswa kelas VIII MTs Tirtanadi dalam penelitian ini adalah satu orang siswa yang memiliki masalah kecenderungan miras. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian subjek tunggal menggunakan desain (A-B). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Analisis data dilakukan pada fase baseline (A) dan fase intervensi (B), untuk mengetahui perubahan dalam menurunkan kecenderungan miras siswa bisa diketahui setelah mendapat perlakuan dengan menghitung banyaknya data poin (skor) dalam setiap kondisi. Hasil penelitian menunjukkan pemberian layanan konseling behavior teknik asertif memberikan pengaruh positif untuk menurunkan kecenderungan miras siswa.
References
Arikunto, Suharsimi, (2008). Metodelogi penelitian. PT pustaka setia.
Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan peraktek. Rineka cipta: Jakarta
Corey Gerald, (2010). Tepri dan peraktek konseling dan psikoterapi. PT Adika peratama: bandung
Juang Sunanto, Koji Takeuchi, Hideo Nakata, (2005) pengantar penelitian dengan subyek tunggal.
Paeyuda (2008) dalam artikel pengaruh konseling behavior terhadap kecenderungan miras siswa SMA laboratorium Universitas Negeri Malang
Ridwan, (2017). Dalam artikel contoh prosedur dan teknik latihan asertif. Tidak diterbitkan.
Sugiyono. (2010). MetodePenelitianPendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suetjiningsih. (2004) perkembangan remaja dan permasalahannya
Sugiyono, (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D Alfa beta: Bandung.
Tina hayati dahlan, dalam artikel bagaimana melatih keterampilan asertif
Wayne Perry, (2010). Dasar-dasar teknik konseling. Pustaka belajar: Yogyakarta Yusuf dan Juntika (2009) pengertian dan teknik-teknik dalam konseling.
Zulfikar, (2008). Pengertian minuman keras
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License