BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SISWA

Authors

  • Agus Budianto MTs. Hubbul Jiron NW Pringgarata Lombok Tengah
  • Marfu’atun Marfu’atun Universitas Hamzanwadi
  • Desi Ariska Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24150

Keywords:

Media Sosial, Mindfulness, Layanan Bimbingan Klasikal

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan bersifat eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test and post -test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MA Hubbul Jiron NW, dengan sampel siswa 22 siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah dampak negatif penggunaan media sosial, dengan layanan bimbingan klasikal berbasis mindfulness. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (6,38>2,080) pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pencegahan perilaku dampak negatif penyalahgunaan media sosial pada siswa kelas XI MA Hubbul Jiron NW Pringgarata tahun pelajaran 2023/2024. Hal tersebut menujukan Ha: di terima dan Ho: di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pencegahan dalam layanan bimbingan klasikal berbasis mindfulness dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas XI MA Hubbul Jiron NW Pringgarata tahun pelajaran 2023/2024.

References

Ariska, S., (2022). Penerapan Bimbingan Klasikal Dengan Menggunakan Media Puzzel Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Tunagrahita Ringan Di Slbn Pkk Provinsi Lampung. Skripsi.

Dewy, E.R., (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember. Skripsi.

Kabat-Zinn, J., (2011). Kumpulan esai tentang manfaat dan penerapan mindfulness sehari-hari. Publikasi Shambhala

Karyanti, & Setiawan, A., (2019). Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino Bacuramin Ka’saruga Basengat Ks’Jubata.Yogyakarta:K-Media.

Lembaga Statistika, 2017. 2022, Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta. Availabledataboks.kadata.http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/22/2022-pengguna- media-sosial-indonesia-mencapai-125-juta?_ga=2.135658802.229487407.1507120748-59584773.1505094805.

RSPH and the Young Health Movement (YHM), (2017). Instagram ranked worst for young people's mental health. 19 Mei. Available at: https://www.rsph.org.uk/about-us/news/instagram-ranked-worst-for-young- people-s-mental-health.html

Sudiyatmoko, R., (2015). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk kementrian perdagangan RI.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Unicef, Kominfo & Harvard, 2014. Keamanan Penggunaan Media Digital pada Anak dan Remaja di Indonesia. Kominfo.go.id. Available https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no- 17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku- at:anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers

Downloads

Published

20-12-2023

How to Cite

Budianto, A., Marfu’atun, M., & Ariska, D. (2023). BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SISWA. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 7(2), 1–10. https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24150