BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MINDFULNESS UNTUK MENCEGAH DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24150Keywords:
Media Sosial, Mindfulness, Layanan Bimbingan KlasikalAbstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan bersifat eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-test and post -test design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MA Hubbul Jiron NW, dengan sampel siswa 22 siswa. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah dampak negatif penggunaan media sosial, dengan layanan bimbingan klasikal berbasis mindfulness. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (6,38>2,080) pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pencegahan perilaku dampak negatif penyalahgunaan media sosial pada siswa kelas XI MA Hubbul Jiron NW Pringgarata tahun pelajaran 2023/2024. Hal tersebut menujukan Ha: di terima dan Ho: di tolak. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pencegahan dalam layanan bimbingan klasikal berbasis mindfulness dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial pada siswa kelas XI MA Hubbul Jiron NW Pringgarata tahun pelajaran 2023/2024.
References
Ariska, S., (2022). Penerapan Bimbingan Klasikal Dengan Menggunakan Media Puzzel Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Tunagrahita Ringan Di Slbn Pkk Provinsi Lampung. Skripsi.
Dewy, E.R., (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember. Skripsi.
Kabat-Zinn, J., (2011). Kumpulan esai tentang manfaat dan penerapan mindfulness sehari-hari. Publikasi Shambhala
Karyanti, & Setiawan, A., (2019). Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil Ka’talino Bacuramin Ka’saruga Basengat Ks’Jubata.Yogyakarta:K-Media.
Lembaga Statistika, 2017. 2022, Pengguna Media Sosial Indonesia Mencapai 125 Juta. Availabledataboks.kadata.http://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/22/2022-pengguna- media-sosial-indonesia-mencapai-125-juta?_ga=2.135658802.229487407.1507120748-59584773.1505094805.
RSPH and the Young Health Movement (YHM), (2017). Instagram ranked worst for young people's mental health. 19 Mei. Available at: https://www.rsph.org.uk/about-us/news/instagram-ranked-worst-for-young- people-s-mental-health.html
Sudiyatmoko, R., (2015). Panduan Optimalisasi Media Sosial untuk kementrian perdagangan RI.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Unicef, Kominfo & Harvard, 2014. Keamanan Penggunaan Media Digital pada Anak dan Remaja di Indonesia. Kominfo.go.id. Available https://kominfo.go.id/content/detail/3834/siaran-pers-no- 17pihkominfo22014-tentang-riset-kominfo-dan-unicef-mengenai-perilaku- at:anak-dan-remaja-dalam-menggunakan-internet/0/siaran_pers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agus Budianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License