KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN QUR'ANI TEKNIK TERAPI PENJANGKIT SUKSES UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION ISLAMI SISWA KELAS AKSELERASI

Authors

  • martina widya astuti SMA ISLAM MARAQITTA'LIMAT PRINGGABAYA
  • Ridwan Ridwan Universitas Hamzanwadi
  • Musifuddin Musifuddin Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24152

Keywords:

Regulasi Diri, Konseling Qur’ani, Terapi Penjangkit Sukses.

Abstract

Martina Widia Astuti “Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Qur'ani, Teknik Terapi Penjangkit Sukses untuk Meningkatkan Regulasi Diri Islami Siswa Kelas Akselerasi di SMAN 1 Pringgabaya” Program Studi Bimbingan dan Konseling 2023.

            Self Regulation merupakan kemampuan individu secara aktif mengatur dirinya sendiri, baik mengatur fikiran, emosi, perasaan, dan kondisi serta tuntunan sosial yang berdasar pada kematangan berpikir untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan konseling Qur'ani dengan menggunakan terapi penjangkit sukses untuk meningkatkan regulasi diri islami siswa kelas akselerasi di SMAN 1 Pringgabaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian ABA subjek Tunggal. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas Akselerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dan analisis menggunakan data kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data fase awal intervensi (A1) sebelum diberikan perlakukan (pretest) berupa konseling Qur'ani dengan terapi penjangkit sukses memperoleh skor 68 dengan mean rata-rata 13,6 yang menunjukkan regulasi diri siswa dalam kategori cukup rendah. Pada fase baseline (B) skornya meningkat menjadi 74 dengan mean rata-rata 14,8, menunjukkan kategori sedang. Kemudian setelah diberikan baseline (B) berupa konseling Qur'ani dengan terapi penjangkit sukses skornya meningkat menjadi 80, dengan mean rata-rata 16, yang menunjukkan regulasi diri siswa menjadi meningkat.

Author Biography

martina widya astuti, SMA ISLAM MARAQITTA'LIMAT PRINGGABAYA

Harapan saya semoga jurnal ini bisa diterbitkan di JKP

References

Purwaningrum, Y. P. (2018). Efektivitas Layanan Konseling untuk meningkatkan regulasi diri. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Novitaria, Elis (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Memberdayakan Self Regulation Siswa Kelas XI SMA UIN Raden Intan Lampung.

Septina, Ayu (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk dan Self Instruction Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 462–467.

Alfani, M. H. (2018). Hubungan antara regulasi diri dengan hasil belajar. Jurnal Islamic Banking and Finance.

Lestari, Dwi (2021). Meningkatkan Regulasi Diri dalam belajar melalui konseling kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1), 9–16.

Albari, Moh Misbahusani. (2022). Konsep Konseling Qur'ani dalam Mengatasi Moral Menurut Ridwan. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof.K.HSaifuddin Zuhri. Purwokerto.

Anisa, Asreya. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan regulasi diri siswa Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

31-12-2023