KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN QUR'ANI TEKNIK TERAPI PENJANGKIT SUKSES UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION ISLAMI SISWA KELAS AKSELERASI
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v7i2.24152Keywords:
Regulasi Diri, Konseling Qur’ani, Terapi Penjangkit Sukses.Abstract
Martina Widia Astuti “Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Qur'ani, Teknik Terapi Penjangkit Sukses untuk Meningkatkan Regulasi Diri Islami Siswa Kelas Akselerasi di SMAN 1 Pringgabaya” Program Studi Bimbingan dan Konseling 2023.
Self Regulation merupakan kemampuan individu secara aktif mengatur dirinya sendiri, baik mengatur fikiran, emosi, perasaan, dan kondisi serta tuntunan sosial yang berdasar pada kematangan berpikir untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan konseling Qur'ani dengan menggunakan terapi penjangkit sukses untuk meningkatkan regulasi diri islami siswa kelas akselerasi di SMAN 1 Pringgabaya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian ABA subjek Tunggal. Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas Akselerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri dan analisis menggunakan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data fase awal intervensi (A1) sebelum diberikan perlakukan (pretest) berupa konseling Qur'ani dengan terapi penjangkit sukses memperoleh skor 68 dengan mean rata-rata 13,6 yang menunjukkan regulasi diri siswa dalam kategori cukup rendah. Pada fase baseline (B) skornya meningkat menjadi 74 dengan mean rata-rata 14,8, menunjukkan kategori sedang. Kemudian setelah diberikan baseline (B) berupa konseling Qur'ani dengan terapi penjangkit sukses skornya meningkat menjadi 80, dengan mean rata-rata 16, yang menunjukkan regulasi diri siswa menjadi meningkat.
References
Purwaningrum, Y. P. (2018). Efektivitas Layanan Konseling untuk meningkatkan regulasi diri. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.
Novitaria, Elis (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Memberdayakan Self Regulation Siswa Kelas XI SMA UIN Raden Intan Lampung.
Septina, Ayu (2020). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Teknik Self Talk dan Self Instruction Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 462–467.
Alfani, M. H. (2018). Hubungan antara regulasi diri dengan hasil belajar. Jurnal Islamic Banking and Finance.
Lestari, Dwi (2021). Meningkatkan Regulasi Diri dalam belajar melalui konseling kelompok. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(1), 9–16.
Albari, Moh Misbahusani. (2022). Konsep Konseling Qur'ani dalam Mengatasi Moral Menurut Ridwan. Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Prof.K.HSaifuddin Zuhri. Purwokerto.
Anisa, Asreya. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan regulasi diri siswa Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 martina widya astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License