KONSELING QUR’ANI TERAPHY FITRAH UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM ANAK YANG MENOLAK MASUK PONDOK PESANTREN
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v8i1.24153Keywords:
Keywords, Self Esteem (Muru’ah), Harga Diri, Konseling Qur’ani, Terapi FitrahAbstract
Self esteem (muru’ah) atau harga diri pada dasarnya merupakan suatu penilain diri yang berkaitan tentang diri yang dipengaruhi oleh sikap, intraksi, penghargaan,serta kelayakan dirinya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Single Subjeck Quantitatif Desaign (SSQD) dengan menggunakan model desan A-B-A. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Pringgabya Utara sebanyak tujuh siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa data fase awal intervensi (A1) sebelum diberikan layanan (pre-test) konseling Qur’ani dengan terapi fitrah memperoleh skor 34 dengan mean rata-rata 20,4 yang menunjukkan self esteem konseli dalam kategori sangat rendah. Pada fase baseline (B) skornya meningkat menjadi 39 dengan mean rata-rata 23,4, menunjukkan kategori sedikit rendah. Kemudian setelah diberikan baseline (B) berupa konseling Qur’ani dengan terapi fitrah skornya meningkat menjadi 43, dengan mean rata-rata 25,8, yang menunjukkan self esteem koneli menjadi baik.
References
Rahmania P.N dan Ika Yuniar C. 2012. Hubungan Antara Self- Esteem dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja Putri. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Vol.1 No. 02
Rangkuti, Elviana Fitri. 2016. Hubungan Antara Self Esteem dengan Perilaku Compulsive Buying pada Remaja Penggemar Hallyu Wave Anggota Aktif Bandung Korea Community (HANSAMO). Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Islam Bandung
Sa’diyah, Siti Chalimatus. 2012. Hubungan Self Esteem dengan Kecenderungan Cinderella Complex pada Mahasiswi Semester VI Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Syamsul, Muhammad. (2022). Hubungan antara self Esteem (Muru'ah) diri dengan hasil belajar. Jurnal Islamic Banking and Finance.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 muhammad mi'roj
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License