Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Program BK Di SMA Negeri Se-Lombok Timur

Authors

  • Marfuatun Marfuatun Universitas Hamzanwadi
  • Lalu Muhammad Fajrurrijal Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2424

Keywords:

Peran Guru bimbingan dan konseling, Implementasi Program bimbingan dan konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peran guru BK dalam implementasi program bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas se- Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode survei, yang diukur dengan menggunakan instumen angket sebagai alat pengumpul data yang utama dan dilengkapi dengan wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 3 (tiga) sekolah yaitu (SMAN 1 Masbagik, SMAN 1 Suralaga dan SMAN 1 Sukamulia) yang dipilih dari tiga kecamatan se-Lombok Timur. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif, yang selanjutnya skor yang diperoleh dianalisis ke dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK dalam implementasi program bimbingan dan konseling di SMAN 1 Masbagik menunjukkan hasil cukup baik, peran guru BK dalam implementasi program bimbingan dan konseling di SMAN 1 Suralaga menunjukkan hasil cukup baik, dan Peran guru BK dalam implementasi program bimbingan dan konseling di SMAN 1 Sukamulia menunjukkan hasil cukup baik. Dengan demikian hasil penelitian tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam implementasi program BK di SMA Negeri Se-Lombok Timur tahun pelajaran 2018/2019 tergolong cukup baik, cukup baik, dan cukup baik

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan penyusunan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BNSP

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alpabeta Anonim.http://Malik 2475. Wordpress . com/peranan guru BK di Sekolah

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMA. Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta : Dikmenum.

Jogiyanto. 2013. Pedoman Survei Kuesioner : Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon. Yogyakarta : BPFE Anggota IKAPI

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prayitno, 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. PT Rineka Cipta. Purwanto. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung. Rosda Karya Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan konseling (studi dan karier) .Yogyakarta. Andi Soetjipto.2009. Profesi Keguruan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

18-06-2019

How to Cite

Marfuatun, M., & Fajrurrijal, L. M. (2019). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Program BK Di SMA Negeri Se-Lombok Timur. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(1), 20–29. https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2424