Penggunaan Logo-Pro Untuk Meningkatkan Makna Hidup Siswa Broken Home SMPN 1 Suralaga

Authors

  • Musifuddin Musifuddin Universitas Hamzanwadi
  • Ati Aturrohmah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2425

Keywords:

Konseling Logo-pro, makna hidup, broken home

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Logo-pro untuk meningkatkaan makna hidup siswa broken home SMPN 1 Suralaga tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat pemaknaan hidup yang rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling Logo-pro). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rata-rata 62,5 dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 67,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling Logo-pro untuk meningkatkan makna hidup siswa broken home.

 

References

Bastaman. (2007). Logoterapi Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktik Konseling Psikoterapi. Bandung: PT. Refika Aditama

Erford, Bradley, T. (2015). 40 Tehnik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://respository.usd.ac.id/7153/2/121114011/08/03/2018 jam 11.33

http://etheses.uin-malang.ac.id/1785/27/03/2018 jam 18.49 http://ejournal.up.ac.id/index.php/psikologi/article/28/03/2018jam108

http://ejournal.psikologi.fisipunmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/204/04/09/03/ 2018 jam 13.25

http://eprints.walisongo.ac.id/6492/29/04/2018 jam 19.11

http://etheses.uin.malang.ac.id/29/04/2018 jam 19.11

http://journal.stainpamekasan.ac.id/article/09/03/2018 jam 18.47 https://media.neliti.com/media/publication/103712.id.efektifitas-logoterapi/04/ 04/2018 jam 10.01

Nelson, Jones, Richard. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prayitno, Emran Amti. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Ridwan. (2017). Modul Keterampilan Dasar Konseling: Universitas Hamzanwadi

Ridwan. (2018). Konseling dan Terapi Qur’ani. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suryosubroto. (2010). Beberapa aspek dasar-dasar kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sunanto, Juang, Takeuchi, Koji dan Nakata, Hideo. (2005). Pengantar Penelitian Subyek Tunggal. Tsukuba: Criced.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Willis, S. Sofyan, (2011). Konseling individual Teori Praktik. Bandung : alfhabeta.

Downloads

Published

22-06-2019

How to Cite

Musifuddin, M., & Aturrohmah, A. (2019). Penggunaan Logo-Pro Untuk Meningkatkan Makna Hidup Siswa Broken Home SMPN 1 Suralaga. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2425