Pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek pada Siswa kelas XI Ips Sman 1 Pringgasela

Authors

  • Muhammad Deni Siregar BK universitas Hamzanwadi
  • Paozan Hadi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2426

Keywords:

pendekatan konseling realitas, kebiasaan mencontek

Abstract

Masalah pokok yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya penomena yang terjadi dalam dunia pendidikan bahwa kebiasaan mencontek di katakan sebagai salah satu bentuk pelanggaran disiplin dalam dunia pendidikan yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar dan berlansungnya proses pendidikan secara keseluruhan. Apabila hal itu di biarkan secara terus menerus maka secara tidak langsung pendidikan akan berjalan dalam keadaan tetap sehingga tidak memberikan hasil yang optimal, bagaimanapun kebiasaan mencontek bukan prilaku yang di inginkan oleh dunia pendidikan, oleh karena itu, bagi para guru/pendidik hal itu merupakan tantangan untuk mebimbing perilaku belajar siswa kearah perilaku yang di harappkan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group sampel pre test-pos test, teknik yang di gunakan adalah purposive sampling dimana sampel yang di gunakan adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Validitas instrumen menggunakan rumus bivariate pearson yang di bantu dengan menggunakan rogram SPSS versi 16, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan statistict t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek pada siswa kelas XI IPS SMAN I Pringgasela

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka cipta

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Corey,Gerald.2013. teori dan praktek Konseling & Psikoterpy.Bandung :PT Refika Aditama.

Dr.M. Sukardjo dan Ukim Komarudin.2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada

Hartanto,Dody.(2012). Bimbingan dan konseling mencontek: mengungkap akar masalah dan solusinya. Jakarta: PT indeks

Latipun.2015. psikologi konseling. Universitas Muhammadiyah Malang: UMM Press

Lumongga Lubis,Namora.2013. Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam teori dan praktik. Jakarta : Kencana

Nurmayasari, Kiki.(2015). Hubungan antara berpikir positif dan perilaku mencontek pada siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta.di ambil dari http://www.journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3009/1748. di unduh tanggal 17 mei 2017.

Syahatah, Husein.2004. Kiat Islami Meraih Presasti.Jakarta: Gema insani Sugiono. 2009. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

23-06-2019

How to Cite

Siregar, M. D., & Hadi, P. (2019). Pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek pada Siswa kelas XI Ips Sman 1 Pringgasela. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(1), 40–48. https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2426