Pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek pada Siswa kelas XI Ips Sman 1 Pringgasela
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2426Keywords:
pendekatan konseling realitas, kebiasaan mencontekAbstract
Masalah pokok yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya penomena yang terjadi dalam dunia pendidikan bahwa kebiasaan mencontek di katakan sebagai salah satu bentuk pelanggaran disiplin dalam dunia pendidikan yang pada gilirannya dapat mempengaruhi kelancaran proses belajar mengajar dan berlansungnya proses pendidikan secara keseluruhan. Apabila hal itu di biarkan secara terus menerus maka secara tidak langsung pendidikan akan berjalan dalam keadaan tetap sehingga tidak memberikan hasil yang optimal, bagaimanapun kebiasaan mencontek bukan prilaku yang di inginkan oleh dunia pendidikan, oleh karena itu, bagi para guru/pendidik hal itu merupakan tantangan untuk mebimbing perilaku belajar siswa kearah perilaku yang di harappkan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group sampel pre test-pos test, teknik yang di gunakan adalah purposive sampling dimana sampel yang di gunakan adalah siswa kelas XI IPS berjumlah 7 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Validitas instrumen menggunakan rumus bivariate pearson yang di bantu dengan menggunakan rogram SPSS versi 16, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan statistict t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan konseling realitas dalam mengentaskan kebiasaan mencontek pada siswa kelas XI IPS SMAN I PringgaselaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Corey,Gerald.2013. teori dan praktek Konseling & Psikoterpy.Bandung :PT Refika Aditama.
Dr.M. Sukardjo dan Ukim Komarudin.2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rajagarfindo Persada
Hartanto,Dody.(2012). Bimbingan dan konseling mencontek: mengungkap akar masalah dan solusinya. Jakarta: PT indeks
Latipun.2015. psikologi konseling. Universitas Muhammadiyah Malang: UMM Press
Lumongga Lubis,Namora.2013. Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam teori dan praktik. Jakarta : Kencana
Nurmayasari, Kiki.(2015). Hubungan antara berpikir positif dan perilaku mencontek pada siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta.di ambil dari http://www.journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3009/1748. di unduh tanggal 17 mei 2017.
Syahatah, Husein.2004. Kiat Islami Meraih Presasti.Jakarta: Gema insani Sugiono. 2009. Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License