Pengaruh konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik tahun pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2437Keywords:
Konseling Kelompok Realitas, Kemampuan Mengontrol EmosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok Realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan lima orang siswa tapi fokuskan kepada satu orang siswa yang memiliki masalah tidak mamapu mengontrol emosi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kemampuan mengontrol emosi. Data yang diproleh dari skala kemampuan mengontrol emosi kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak skor yang didapatkan pada fase intervensi kemudia dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan skor rata-rata (MI) 123,6, dan pada fase intervensi mendapatkan skor rata-rata 135,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling kelompok realitas untuk meningkatkan kemampuan mengontrol emosi pada siswa kelas VII MTs NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019/2020References
Anonim,(2016) . http://penegertian komplit.blogspot.com/2016/02-pengertian pengendalain-emosi.html.di unduhHari Jum’at.10 April, 8:30 WITA.
Anonim,(2019).http://journal.uinbanten.ac,id/index.php/saintifikislamic/atricel/view/284.diunduh HariSelasa, 02 Mei,2019, 09:45 WITA.
Ali Mohammad,& Asrori Mohammad. (2010). Psikologi Remaja perkembangan perstadidik. Jakarta. PT BumiAskara.
Arikunto, Suharsimi.( 2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta RinekaCipta
Azwar saifuddin.(2010). Penyusun Skala Psikologi.Yokyakarta.penerbit Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta.RinekaCipta.
Corey, Gerald. (2010). Teori dan Praktek Konseling Dan Psikoterapi.Penerjemah E. Koskawara. Bandung. Refika Aditama.
Purwanto.( 2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi Dan Pendidikan.Yokyakarata.PustakaPelajar.
Nurkancana, wayan.1986.Evaluasipendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Ridwan.( 2016). Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling Dengan Pendekatan Islami Dilengkapi dengan Latihan Membuat Proposal. Bandung. Alfabeta..
Sukmadinata,Nana S.(2012). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Penerbit PTRemaja Rosdy.
Sugiyono, (2010).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sobur, Alex .( 2013). Psikologi umum dalam lintasan sejarah.Bandung .CV PustakaSetia
Sugiyono. (2010). Metode P enelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alpabeta.
Walgito, Bimo.(2010). Pengantar psikologi umum.Yokyakarta. CV Andi.
Sugiyono ( 2014). Statistika untuk penelitian. Bandung. Afabeta
Sobur, Alex .( 2013). Psikologi umum dalam lintasan sejarah.Bandung .CV PustakaSetia.
Sunanto,Takeuchi,Nakata.(2005).Pengantar Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Tsukuba: Criced.
Yusuf Ln Syamsu.(2015). Psikologi Perkembangan anak dan remaja.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License