Efektivitas Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Di SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Elina Fatmariza Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2561

Keywords:

Pusat Informasi Konseling Remaja, Efektivitas

Abstract

Tujuan   dari  penelitian   ini  adalah  untuk  mengetahui   apakah   efektiv Program Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) yang ada di SMAN 1   Selong Tahun  Pelajaran  2019/2020.  Jenis  penelitian  ini  menggunakan  metode  survei. Dalam  penelitian  ini digunakan  8  orang  siswa yang menjadi  pengurus  PIK R sebagai sampel. Kemudian 90 orang siswa yang menjadi  sasaran PIK R sebagai sampel penelitian.  Dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling sebagai pembina PIK R. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik analisisdata menggunakan teknik random samplig. Dari hasil penelitian menunjukkan  bahwa program  pusat  informasi  konseling  remaja  (PIK R) di SMAN  1    Selong cukup efektif. Saran untuk guru BK agar program PIK R tetap berjalan dan lebih ditingkatkan dari segi sarana dan prasarana

References

Anonirn. http://www.jumal.unsyiah.ac.id/2016. Diakses pada hari sabtu 2 rnaret 2019.

Desintia, Erina, 2017. Peran Pusat Informasi Dan Konseling Remaja Palapa Dalam Melaksanakan Program Generasi Berencana Di Kelurahan Dadi Mulya Samarinda. Sarnarinda: Universitas Mulawarman.

Anonirn. https://www.google.com/efektifitas-pusat-informasi-konseling rernaja2018. Diakses pada hari sabtu 2 rnaret 2019.

BKKBN. (2016).Pengelolaan Pusat Informasi Konseling Remaja. Jakarta. Anonirn. https://belajarpsikologi.corn/pengertian-rernaja/2010. Diakses pada hari rabu 6 maret 2019.

Prayitno dan Erman Arnti. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Willis S Sofyan. (2011). Konseling Individual. Bandung: Alfabeta.

Anonirn. http://pikrernaja8.blogspot.com. Diakses pada hari rabu 12 juni 2019.

Anonim.http://dosensosiologi.com/pengertian-penelitian-kuantitatif-ciri dan-jenisnyalengkap/ diakses pada hari rninggu 31 rnei 2019

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Sudjana, Nana. (2008). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Barn Algensindo

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Arikunto, Suharsirni. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsirni. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel Variabel Penelitian Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

31-12-2019