Studi Kasus Pada Siswa Yang Kurang Mendapat Perhatian Orang Tua Pada SMK

Authors

  • Sukarno Hadi Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2563

Keywords:

Kurangnya Perhatian Orang Tua, Studi Kasus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, bentuk, penyebab, pengaruh dan prognosis guru BK pada siswa yang kurang mendapat perhatian orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, leger nilai, instrument kedurhakaan, instrument sosiometri, instrument DCM, wawancara, angket orang tua dan kunjungan rumah. Teknik analisis data menggunakan tehnik deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kurang mendapatkan perhatian orang tua disebabkan oleh cara asuh orang tua yang salah. Dan yang menjadi penyebab siswa kurang mendapat perhatian orang tua ialah faktor lingkungan, sosial, pendidikan dan ketaatan orang tua kepada Tuhan. Serta kurangnya perhatian orang tua mempengaruhi prestasi siswa menjadi menurun dan sosialisasi menjadi terisolir. Saran bagi guru BK perlu di berikan layanan-layanan seperti : layanan konseling individu, konseling kelompok, konseling karir dan kunjungan rumah, untuk mengentaskan permasalahan siswa

References

Endriani, Ani, (2016). Realita Bimbingan dan Konseling. Jurnal Peneliti dan Pengembangan Pendidikan, Volume 1, hlm.104-195

Hasgimianti, (2017). Perhatian Orangtua Terhadap Kegiatan Belajar Siswa Yang

Berlatar Belakang Budaya Melayu Dan Jawa Dalam Perspektif Gender. Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, Volume 16, hlm. 56-75

Krismiati, (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Untuk Anak Dengan Anak Putus Sekolah Usia Remaja. Jurnal Keperawatan, Volume 5, hlm. 1-8

Puspita, Minda. (2013). “Hubungan Antar Perlakuan Orangtua Dengan Kontrol Diri Siswa Di Sekolahâ€. Jurnal Ilmiah Konseling,Volume 1, hlm. 330-337

Ridwan, (2019). Konseling Kasus. Bandung: Alfabate

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan

R&D, Bandung: Alfabet.

Suharamawan, Wahid, (2016). Asesmen Teknik Non Tes Bimbingan & Konseling,

Bogor: Grhan Cipta Media.2016

Sihabudin, Mukh, (2015). Peran Orang Tua Dalam Bimbingan Konseling Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 3, hlm. 123-137

Setiawan, Muhammad, (2015). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Tidak di duplikasikan.Yogyakarta: Program Pasacasarjana Universitas Negeri Yogyakkarta.

Senjari, Ilham, (2017). Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Hadst. Skripsi. Tidak di duplikasikan, Surakarta: Program Pasacasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Yasmine, Charisa, (2017). Pelaksanaan Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua

Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (Pstw) Khusnul Khotimah Pekanbaru Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Jurnal Children, Obligations, Parents, Volume 4, hlm. 1-14

Downloads

Published

31-12-2019

How to Cite

Hadi, S. (2019). Studi Kasus Pada Siswa Yang Kurang Mendapat Perhatian Orang Tua Pada SMK. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(2), 106–119. https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2563