Studi Kasus Pada Siswa Yang Kurang Mendapat Perhatian Orang Tua Pada SMK
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v3i2.2563Keywords:
Kurangnya Perhatian Orang Tua, Studi KasusAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, bentuk, penyebab, pengaruh dan prognosis guru BK pada siswa yang kurang mendapat perhatian orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, leger nilai, instrument kedurhakaan, instrument sosiometri, instrument DCM, wawancara, angket orang tua dan kunjungan rumah. Teknik analisis data menggunakan tehnik deskriptif. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kurang mendapatkan perhatian orang tua disebabkan oleh cara asuh orang tua yang salah. Dan yang menjadi penyebab siswa kurang mendapat perhatian orang tua ialah faktor lingkungan, sosial, pendidikan dan ketaatan orang tua kepada Tuhan. Serta kurangnya perhatian orang tua mempengaruhi prestasi siswa menjadi menurun dan sosialisasi menjadi terisolir. Saran bagi guru BK perlu di berikan layanan-layanan seperti : layanan konseling individu, konseling kelompok, konseling karir dan kunjungan rumah, untuk mengentaskan permasalahan siswaReferences
Endriani, Ani, (2016). Realita Bimbingan dan Konseling. Jurnal Peneliti dan Pengembangan Pendidikan, Volume 1, hlm.104-195
Hasgimianti, (2017). Perhatian Orangtua Terhadap Kegiatan Belajar Siswa Yang
Berlatar Belakang Budaya Melayu Dan Jawa Dalam Perspektif Gender. Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, Volume 16, hlm. 56-75
Krismiati, (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Motivasi Untuk Anak Dengan Anak Putus Sekolah Usia Remaja. Jurnal Keperawatan, Volume 5, hlm. 1-8
Puspita, Minda. (2013). “Hubungan Antar Perlakuan Orangtua Dengan Kontrol Diri Siswa Di Sekolahâ€. Jurnal Ilmiah Konseling,Volume 1, hlm. 330-337
Ridwan, (2019). Konseling Kasus. Bandung: Alfabate
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan
R&D, Bandung: Alfabet.
Suharamawan, Wahid, (2016). Asesmen Teknik Non Tes Bimbingan & Konseling,
Bogor: Grhan Cipta Media.2016
Sihabudin, Mukh, (2015). Peran Orang Tua Dalam Bimbingan Konseling Siswa. Jurnal Kependidikan, Volume 3, hlm. 123-137
Setiawan, Muhammad, (2015). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Partisipasi Aktif Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi. Tidak di duplikasikan.Yogyakarta: Program Pasacasarjana Universitas Negeri Yogyakkarta.
Senjari, Ilham, (2017). Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Hadst. Skripsi. Tidak di duplikasikan, Surakarta: Program Pasacasarjana Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Yasmine, Charisa, (2017). Pelaksanaan Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua
Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (Pstw) Khusnul Khotimah Pekanbaru Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Jurnal Children, Obligations, Parents, Volume 4, hlm. 1-14
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License