Konseling Behavioral Untuk Menangani Kebiasaan Minum-Minuman Keras Siswa SMP Di Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v4i1.2595Keywords:
Konseling behavioral, kebiasaan minum minuman kerasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling behavioral untuk menangani kebiasaan minum minuman keras pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki tingkat kebiasaan minum minuman keras yang tinggi yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase baseline dan menghitung banyak sekor yang didapatkan pada fase intervensi kemudian dipadukan antara kedua fase tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan perlakuan (konseling individu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline mendapatkan sekor rat-rata 61% dan pada fase intervensi mendapatkan sekor rata-rata 44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling individu dalam mengatasi kebiasaan minum minuman keras pada siswa.
References
Artini, Y., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Self Achievment Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia.
Azhar, D., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2020). Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 58-64.
Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas viii b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(1), 1-10.
Laila, I., Dharsana, I. K., & Suarni, N. K. (2020). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2), 87-91.
Lastrini, K., Tirka, I. W., & Dantes, N. (2020). Pengaruh Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling Melalui Lesson Study terhadap Self Exhibition. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 32-40.
Maulana, M. A., & Nugroho, P. W. (2019). Mengurangi Kenakalan Remaja Menggunakan Konseling Behavioral Pada Peserta Didik Di SMA. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1), 57-64.
Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Students’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34-43.
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. Journal of Guidance and Counseling, 72.
Sarah, S., Gading, I. K., & Lestari, L. P. S. (2016). Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Modeling Simbolik Dan Teknik Disensitisasi Sistematis Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas X Tata Kecantikan Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 4(1).
Sukmayanti, N. P. A. I., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2018). Konseling Behavioral dengan Teknik Shaping melalui Setting Lesson Study untuk Meminimalisir Self Aggression. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 99-105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License