Mengatasi Masalah Belajar Membaca Melalui Tutor di SD Negeri 2 Selong
DOI:
https://doi.org/10.29408/jkp.v4i1.2598Keywords:
Permasalahan Belajar, tutorAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengatasi masalah pembelajaran membaca dengan menggunakan tutor di sekolah dasar, sedangkan metode yang digunakan adalah observasi biasa kemudian dianalisis secara deskriptif. Tantangan terbesar bangsa ini adalah kurangnya literasi siswa dalam membaca dengan cepat, karena hal tersebut disebabkan oleh teknologi yang membuat siswa semakin tidak memiliki minat dalam proses membaca. Penelitian tersebut memberikan soslusi kepada guru untuk melakukan bimbingan belajar pada siswa sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran. Anak-anak akan dapat mencerna dengan cepat jika guru dapat menggunakan bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca anak-anak di sekolah dasarReferences
Daulay, M. (2019). Bimbingan konseling Islam bagi perilaku menyimpang. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 47–58.
Erita, W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 18 Unggulan Palembang. KALPATARU Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(1), 10–18.
Hamidah, A., Sadikin, A., Sanjaya, M. E., Aina, M., & Natalia, D. (2019). Workshop Model Pembelajaran Biologi Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 171–197.
Jaelani, A., Rahmani, F. M., & Irpan, A. (2019). Pos Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Desa Sukamaju. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 199–207.
Jaelani, J., Ramadhina, L., Pangestu, N. B., Purwasih, N., & Yulianti, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Kelompok Melalui Teks Cerpen Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. PROCEEDINGS, 1(2).
Noviyanti, A., & Rizki, R. (2019). Perbandingan Siswa Les Dan Tidak Les Terhadap Prestasi Belajar Biologi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1).
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17–25.
Siregar, D. (2015). Kontribusi Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin Nw Pancor (Studi Persepsi Para Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor). Educatio, 10(2), 233–248.
Siregar, M. D. (2017). Pengaruh Pemberian Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa SDN 2 Kelayu Jorong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 56–67.
Siregar, M. D. (2018). Mengentaskan Permasalahan dalam Pendidikan Sekolah Dasar Melalui Etika Guru. Jurnal Konseling Pendidikan, 1(1).
Siregar, M. D., & Dantes, N. (2013). Kontribusi Manajemen Kepala Sekolah, Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Mu’allimin NW Pancor. Ganesha University of Education.
Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar. Educatio, 13(1), 68–83.
Siregar, M. D., & Yunitasari, D. (2019). Meningkatkan Membaca Menulis Melalui Teknik SAS Kelas 3 MI No. 1 Pancor Lombok Timur. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 32–39.
Utami, N. B., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Application Of Problem Based Learning Learning Models To Improve Mathematical Learning Results And Critical Students. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Zuhron, M. B. (2019). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Menghitung Luas Permukaan Dan Volume Kubus, Balok, Prisma, Dan Limas Di Kelas VIII MTs Negeri Ngantru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All writings in this journal are the full responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed free of charge at no cost, following the creative commons license. Authors who publish articles in the JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) must comply with the following conditions:
The author retains the copyright and grants the right of first publication with the work licensed simultaneously under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license, allowing others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may make additional separate contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institution or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, on institutional repositories or websites) before and during the submission process, resulting in a productive exchange and earlier and more extensive citations of the published work.
All articles in this journal are the sole responsibility of the author. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) provides open access to benefit anyone with valuable information and findings. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) can be accessed and downloaded for free, following the creative commons license.
JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License