PELAKSANAAN ANALISIS KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DALAM PENYUSUNAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA KELAS VIII SMPN 3 SELONG

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Hamzanwadi
  • Marfu’atun Marfu’atun Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Mahyatun Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v8i1.25997

Abstract

Angket kebutuhan Peserta Didik (AKPD) merupakan sebuah angket yang berisi sejumlah soal berupa pernyataan terkait dengan masalah-masalah yang diasumsikan biasa terjadi pada peserta didik. Hasil pengolahan angket tersebut yang akan membantu guru bimbingan dan konseling untuk merancang program bimbingan konseling untuk membantu peserta didik mengatasi permasalahan yang dialaminya guna mewujudkan efektif, efisiensi sekaligus pencapaian sasaran layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program bimbingan konseling yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian Analisis Kebutuhan Peserta Didik yang paling dibutuhkan dalam pemberian layanan adalah bidang layanan pribadi dengan materi tentang bagaimana memahami diri dan menjadi pribadi yang mandiri.

Downloads

Published

30-06-2024

How to Cite

Hasanah, U., Marfu’atun, M., & Mahyatun, B. (2024). PELAKSANAAN ANALISIS KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DALAM PENYUSUNAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA KELAS VIII SMPN 3 SELONG. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 8(1), 1–7. https://doi.org/10.29408/jkp.v8i1.25997