Konseling Kelompok Dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa

Indonesia

Authors

  • Dewi Yulianti Universitas Hamzanwadi
  • Desi Ariska Universitas Hamzanwadi
  • Nusuki Universitas Hamzanwadi
  • Baiq Delima Cahya Ramadhani Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.26688

Keywords:

Game online, konseling kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap penurunan kecanduan bermian game online pada siswa kelas VIII^A di MTS NW Montong Baan. Jenis penelitian bersifat quasi eksperimental dengan rancangan one group pre-test and post-test desain. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (20,419 > 2,365) pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa bahwa apa penurunan kecanduan bermain game online pada siswa kelas VIII^A di MTS NW Montong Baan dengan layanan konseling kelompok dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Hal tersebut menunjukkan Ha:diterima dan Ho: ditolakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terhadap penurunan kecanduan bermian game online pada siswa kelas VIII^A di MTS NW Montong Baan. Jenis penelitian bersifat quasi eksperimental dengan rancangan one group pre-test and post-test desain. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (20,419 > 2,365) pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa bahwa apa penurunan kecanduan bermain game online pada siswa kelas VIII^A di MTS NW Montong Baan dengan layanan konseling kelompok dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT). Hal tersebut menunjukkan Ha:diterima dan Ho: ditolak

References

Azis, R. (2011). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi Pada Jurusan Psikologi. Universitas Islam Maulana Malang.

Azkia, Husnul., (2022).Penerapan Konseling Kelompok UntukS Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa Di Mtsn 4 Pidie.Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Darussalam-Banda Aceh 2022 M /1443 H.

Candra Zebeh Aji. 2012. Berburu Rupiah Lewat Game Online.Jakarta: Bouna Books.

Chen & Chang. 2008.An Exploration of the Tendency to Online Game Addition Due to User's Liking of Design Feature. AsiSan jurnal of Health and Information Sciences, Vol. 3, Nos. 1-4

Derry, I. B. A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia

Efford, B. T. (2020). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. In Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2016.”Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung . Alfabeta

Utami, T. W., & Hodikoh, S. (2020). Kecanduan Game Online Berhubungan dengan Penyesuaian Sosial pda Remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17-22.

Downloads

Published

30-06-2025

How to Cite

Yulianti, D., Ariska, D., Nusuki, & Ramadhani , B. D. C. (2025). Konseling Kelompok Dengan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa: Indonesia. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 9(1), 71–80. https://doi.org/10.29408/jkp.v9i1.26688